Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2018 Di Klaten Diikuti Berbagai Elemen

BERITA KLATEN – Pemkab Klaten menyelenggarakan upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 di Alun-alun Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018) pagi.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 diikuti kurang lebih 800-an peserta upacara. Peserta upacara peringatan hari lahir Pancasila terdiri dari pelajar SMP, SMA, SMK, Mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Klaten, Pramuka Penggalang dan Penegak. Selain itu juga dari Korp Pegawai Negeri (KORPRI) di Kabupaten Klaten, SKPD Dishub, Organisasi Massa (ORMAS) Banser, Senkom, dan organisasi lainnya.

Dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) adalah Sekretaris Daerah Joko Sawaldi, dan yang bertugas komandan upacara adalah Kapten Inf Ghofar yang sekarang menjadi Komandan Rayon Militer Cawas. Para petugas kompi adalah anggota Kodim 0273 Klaten. Petugas pengibar bendera adalah 3 orang siswa SLTA,  petugas protokol dan petugas lainnya  dari jajaran Pemkab Klaten.

Sambutan Presiden Joko Widodo dibacakan oleh Joko Sawaldi. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya antara lain mengatakan negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh resiko intoleransi, ketidak bersatuan dan ketidak gotongroyongan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tamu undangan yang hadir dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 antara lain para pejabat Setda Klaten, perwakilan dari Polres Klaten,  Komandan Kodim Klaten Lekol Eko Setiawan, dari Kejaksaan, Pengadilan Negeri,  para camat se Kabupaten Klaten, para veteran,  para isteri pejabat Pemkab Klaten.

Pantauan Berita Klaten, penyelenggaraan upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 di Kabupaten Klaten berjalan lancar. Upacara yang dimulai sekitar pukul 07.45 selesai kurang lebih pukul 08.30.

Tidak terduga, selesai upacara peringatan hari lahir Pancasila, para peserta upacara dan beberapa orang pejabat melihat ke langit ada asap tebal yang membumbung tinggi. Ternyata asap yang membumbung tersebut berasal dari Gunung Merapi. Beberapa orang pejabat Pemkab Klaten dan peserta upacara lainnya menyempatkan mengamati asap tersebut dari lokasi Alun-alun Klaten. Pada pagi hari sekitar pukul 06.15 cuaca di puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu nampak cerah. Sehingga view Gunung Merapi dan Gunung Merbabu nampak jelas. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *