KPI Gereja Kristen Jawa Kebonarum Lakukan Aksi Sosial Tebar Ikan Nila

BERITA KLATEN-Komisi Pengabaran Injil (KPI) Gereja Kristen Jawa Kebonarum melakukan aksi sosial menebar sebanyak 6.500-an ekor benih ikan nila. Benih ikan nila ditebar di Wilayah Kecamatan Klaten Selatan dan Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (1/8/2017).

Salah seorang pengurus Gereja Kristen Kebonarum Sasono, kegiatan aksi sosial menebar benih ikan nila merupakan program kerja tahun 2017 ini. Untuk aksi sosial tebar benih ikan nila kali ini akan ditebar di sungai yang ada di Klaten Selatan, ialah melintas di Dusun Jombor, Desa Danguran, Dusun Pengkol, Desa Sumberejo, Dusun Suko, Tegalyoso, Dusun Ngangkruk, dan Dusun Pleret. Sedang yang ditebar di Kecamatan Kebonarum di Dusun Prayan, Desa Menden. Juga ada benih ikan nila yang dimasukkan di air mancur tenun lurik yang ada di gerbang kota Klaten, yang tepatnya ada di Tegalyoso.

Waktu melakukan penebaran benih ikan nila beberapa orang pengurus induk Gereja Kristen Jawa Kebonarum ikut menyaksikannya. Pengurus induk Gereja Kristen Jawa Kebonarum antara lain adalah Sasono, Suroyo, Dwi Wisnu, dan Momot Indarjo. Ketika menebar bibit ikan nila di sungai yang melintas di Dusun Jombor disaksikan oleh beberapa orang warga masyarakat Jombor, Danguran, Klaten Selatan. Salah seorang wanita bernama Wiji juga ikut melepas benih ikan nila yang dari dalam kantong plastik. Wiji nampak hati-hati ketika melepas benih ikan nila ke dalam sungai.

Salah seorang pengurus Gereja Kristen Jawa Kebonarum Momot Indarjo, ia menyampaikan pesan pada Wiji agar ikut mengawasi sungai. Bila ada orang yang mencari ikan di sungai dengan cara strom dan meracuni (njenu) agar dilarang. Boleh mencari ikan hanya dengan cara memancing atau mengail. Wiji menanggapi akan ikut mengawasi sungai.

 

Kegiatan aksi sosial menebar benih ikan nila dibantu beberapa orang anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). Dengan dukungan dari anggota RAPI kegiatan aksi sosial dapat berjalan lancar. Karena itu pengurus Gereja Kristen Jawa Kebonarum mengucapkan terima kasih pada RAPI Wilayah 24 Kabupaten Klaten, khususnya pada anggota RAPI yang terlibat  membantu aksi sosial menebar benih ikan nila.

Sasono menjawab pertanyaan Berita Klaten mengenai tujuan aksi sosial, ia mengatakan kegiatan aksi sosial menebar benih ikan nila di sungai untuk menghidupkan ekosistim yang ada di sungai. Giat ini sebagai wujud mencintai lingkungan hidup. Dengan sebar benih ikan nila harapannya masyarakat dapat menikmati ikan nila. Pesannya untuk mencari ikan jangan menggunakan strom dan memberi racun. Karena kalau menggunakan strom dan memberi racun dapat merusak ekosistim kehidupan di sungai. Ikan-ikan kecil maupun lainnya dapat mati. Program aksi sosial dari KPI Gereja Kristen Jawa Kebonarum menurut Sasono juga akan melakukan penghijauan. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *