Desa Nglinggi Dikukuhkan Sebagai Desa Damai

BERITA KLATEN-Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, hari Rabu (1/11/2017) pagi tadi dikukuhkan sebagai Desa Damai oleh Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Upacara pengukuhan dilaksanakan di Balai Desa Nglinggi.

Kepala Desa Nglinggi Sugeng Mulyadi, dalam menyampaikan paparannya antara lain mengungkapkan di Desa Nglinggi penduduknya beragam, namun warga masyarakat Nglinggi tidak ada percekcokan. Perbedaan keyakinan yang ada di Nglinggi tidak menjadi problem. Perbedaan menjadikan keindahan yang akan dirawat sepanjang masa.

Dalam konsep membangun Desa Nglinggi Damai juga akan mengembangkan kawasan perekonomian yang majemuk.  Pengembangan perekonomian multi culture (kemajemukan) di nantinya meliputi wisata, memanfaatkan air, keilmuan, dan agro wisata. Sugeng Mulyadi berharap ada review untuk perubahan peraturan tata ruang atau RT dan RW.  Ia juga sudah minta bantuan pada Profesor Suratman untuk  mensetting kondisi di Desa Nglinggi. Anggaran untuk infra  struktur dikurangmengawali san untuk peningkatan perekonomian bagi warga masyarakat Desa Nglinggi. Warga masyarakat Desa Nglinggi diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan usahanya.

Untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa Nglinggi, untuk mensport dibantu dari Koperasi Cinta Damai Wahid Foundation. Dari Koperasi Cinta Damai akan mendampingi Desa Nglinggi.

Kehadiran Hj Sri Mulyani di Desa Nglinggi langsung menuju tempat penjualan produk-produk olahan maupun tanaman yang dikerjakan para ibu. Barang yang dijual juga tanaman sayuran, tanaman bunga tapak dara dan lainnya. Makanan olahan yang diproduksi ada keripik sukun, tempe, krupuk, dan banyak ragam lainnya. Dalam kesempatan itu Hj Sri Mulyani juga membeli makanan, dan mencipipi minuman kemasan.

Pada kesempatan menyampaikan sambutan, Hj Sri Mulyani mengawali dengan ucapan salam yang biasa dilakukan oleh umat Islam, umat Katolik, umat Kristen, umat Hindu, dan umat Budha. Dengan mengawali salam yang biasa diucapkan masing-masing umat yang berlainan keyakinannya, dan umat merespon dengan nyaman, ini menandakan kehidupan antar umat beragama harmonis, dan suasana damai nyata di Desa Nglinggi.

Dalam sambutannya Hj Sri Mulyani samgat respon yang diprogramkan di Desa Nglinggi. Sri Mulyani berharap UKM yang ada di Desa Nglinggi dapat berkembang. BUMDes Nglinggi Mandiri agar dikembangkan. Hasil karya dari para ibu-ibu dapat dijual melalui BUMDes. Plt Bupati Hj Sri Mulyani juga memberi kesempatan bagi Desa Nglinggi untuk membuat proposal. Ia menegaskan dalam kesempatan sambang warga menjadi kesempatan bagi Bupati Klaten untuk melihat kemajuan desa-desa di Klaten.

Dalam  pengukuhan Desa Nglinggi sebagai Desa Damai Desa Nglinggi dapat bantuan 1000 buku bacaan dan 1 rak dari perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Bantuan buku bacaan dan rak diberikan langsung oleh kepala perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Rahayu. Hadir dalam pengukuhan Desa Nglinggi sebagai Desa Damai antara lain Kepala Bapeda Bambang Sigit, Staf Ahli dr Rony Rukmito, Kepala DPPKAD Sunarno, Kepala BPJS Boyolali-Klaten, Assisten 3 Bupati Sri Winoto, Ketua Penasehat Wahid Faundation Gus Zajuli, Camat Klaten Selatan Joko Henrawan, dan pejabat lainnya. Yang diundang para kepala sekolah dasar, pengawas, para bidan di Klaten Selatan, para Kepala Desa se Kecamatan Klaten Selatan, tamu undangan lainnya. Kegiatan pengukuhan desa damai Desa Nglinggi juga dimeriahkan hiburan musik dan pemyanyi dari lokal Klaten. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *