Jalan Depan Balai Desa Melikan Akan Diperbaiki Pekan Depan

BERITA KLATEN-Kondisi jalan di depan Kantor Desa Melikan, Wedi, Kabupaten Klaten, Jateng, yang banyak lubang, Senin (5/2/2018) pekan depan mulai diperbaiki.

Demikian diungkapkan pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klaten Suryanto ketika ditemui di ruang kantornya, Jumat (2/2/2018) pagi tadi. Lebih lanjut Suryanto menuturkan, ruas jalan yang dimulai dari simpang 4 Masjid Jamik Gatak Grojogan Wedi hingga Paseban, Kecamatan Bayat ada 2 macam kategori. Untuk ruas jalan dari simpang 4 Masjid Jamik Gatak Grojogan, Wedi hingga  pertigaan Trotok dan dari Jembatan Mundu hingga Paseban, Kecamatan Bayat jalan akan diperbaiki dengan cara menambal. Sedangkan ruas jalan dari pertigaan Trotok hingga Jembatan Mundu akan ditingkatkan kualitasnya.

Menurut Suryanto pengerjaan ruas jalan tersebut dikerjakan oleh PT Bumi Panen Makmur dari Semarang. Sampai saat sekarang  masih dalam masa perawatan oleh penyedia jasa. Sehingga kalau saat ini ruas jalan yang lokasinya dekat dengan Balai Desa Melikan, Wedi sudah mulai rusak masih tanggungan jasa penyedia perbaikan jalan, karena masih dalam masa perawatan atau pemeliharaan. Ditegaskan Suryanto, Dinas Pekerjaan Umum tidak akan memperbaiki ruas jalan yang sudah rusak.

Menurut Suryanto sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) di Dinas Pekerjaan Umum sudah menyurati pada rekanan penyedia jasa PT Bumi Panen Makmur di Semarang pada tanggal 3 Januari 2018.  Kemudian pada tanggal 29 Januari 2018 Dinas Pekerjaan Umum sudah berembug untuk mulai memperbaiki kondisi jalan di depan Balai Desa Melikan  yang sudah mulai rusak.

Faktor penyebab yang mengakibatkan rusaknya ruas jalan yang berada di depan sekitar Kantor Desa Melikan menurut Suryanto adalah drainase yang tidak lancar dan jenis tanah dasar adalah tanah liat. Ketika hujan air mengembung di jalan yang berlubang. Akhirnya ruas  jalan yang baru saja ditambal tergerus dan terjadi kubangan-kubangan.

Kondisi jalan yang rusak itu membuat arus lalu-lintas yang lewat tidak lancar. Karena itu warga masyarakat  Desa Melikan gotong royong mengurug jalan yang berlubang menggunakan potongan-potongan batu merah,  Kamis (1/2/2018). Dengan cara mengurug lubang-lubang jalan yang ada di sekitar depan Kantor Desa Melikan, Wedi maka arus lalu lintas dapat berjalan agak lancar. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *