Umbul Brondong Dilaunching Menjadi Desa Wisata

BERITA KLATEN – Desa wisata Umbul Brondong yang berada di Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jateng dilaunching oleh bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Selasa (2/4/2019) siang tadi.

Dalam launching Desa wisata Umbul Brondong bersamaan kegiatan rutin Bupati Klaten Hj Sri Mulyani melakukan sambang warga di Desa Ngrundul, Kebonarum. Ikut hadir dalan sambang warga para pejabat Pemkab Klaten, antara lain Assisten Bupati dr Ronny Roekmito, Kepala Dinas pariwisata Pantoro,  Kabag Pembangunan Pramana,   Kabag Humas Gandung Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan Slamet Widodo, Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto,  Camat Kebonarum Sutopo, dan para pejabat lainnya.

Ketika  Bupati Sri Mulyani tiba di area umbul Brondong langsung menuju ke tempat umbul Brondong. Setelah melihat umbul Brondong terus menuju tempat pertemuan.  Namun sebelum naik panggung  Bupati Sri Mulyani mendapat kalungan bunga oleh dua gadis yang memakai pakaian tari gambyong.

Camat Kebonarum Sutopo dalam sambutannya antara lain mengatakan warga Desa Ngrundul merasa senang kehadiran Bupati Sri Mulyani  di Desa Ngrundul.  Kehadiran Bupati Sri Mulyani sudah  lama ditunggu atau dirindukan oleh warga di Ngrundul. Disampaikan juga oleh Sutopo bahwa warga Desa Ngrundul ingin Umbul Brondong menjadi destinasi wisata desa yang menjadi ram.

Setelah Camat Sutopo menyampaikan sambutan, kemudian Kepala Desa Ngrundul Wahyu Wijanarko menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya antara lain ia memaparkan rencana pembangunan lokasi umbul Brondong untuk tempat rekreasi. Menurut Kepala Desa (Kades)  Wahyu Wijanarko area umbul Brondong luasnya 10 hektar. dilihatsi itu akan dibangun snar king untuk mainan anak-anak,  kolam untuk anak-anak, dan kolam untuk orang dewasa.     Kemudian akan dibangun  tempat untuk jualan. Dana dari dana desa yang sudah diploting untuk pembangunan umbul Brondong sebesar Rp 400 juta. Untuk pembangunan umbul Brondong dianggarkan sebesar Rp 700 juta.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain mengatakan, untuk pembangunan umbul Brondong agar dibuat master plan dan juga dibuat detail ingenair desain (DED) dan dibawa kepada bupati untuk dilihat.  Kemudian Bupati Sri Mulyani akan memberi kekurangannya.  Bantuan itu akan diberikan pada tahun 2020. Harapannya dapat seperti Omac,  atau sama dengan Desa Ponggok.

Dalam launching umbul Brondong dilihat oleh warga Desa Ngrundul, dan warga Desa Malangjiwan dan warga desa lainnya. Untuk memeriahkan suasana juga diisi tarian tradisional. Dalam kesempatan itu Bupati Sri Mulyani menyerahkan bantuan pada kaum difabel,  yatim piatu, serahkan sepeda,  dan   lainnya. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *