Tirakatan Hardiknas Bangkitkan Semangat

Pendidikan di Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah ke depan diharapkan lebih baik. Setiap memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) mesti menjadi pondasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Momentum Hardiknas juga menjadi media untuk menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan birokrasi.

Demikian dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Klaten Selatan Suparjo, dalam sambutannya pada malam tirakatan Hardiknas di Kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (1/5) malam. Lebih lanjut Suparjo mengatakan, cita-cita tokoh pendidikan Negara Republik Indonesia Bapak Ki Hajar Dewantara, mesti terus menyemangati bagi kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dikatakan Ki Hajar Dewantara pendidikan sangat penting untuk menuju kemerdekaan. “Tentunya pendidikan bagi generasi muda sangat penting untuk kemajuan jaman dan untuk mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” ungkap Suparjo.

Malam tirakatan Hardiknas di Kantor UPTD Kecamatan Klaten Selatan dihadiri Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan, Danramil Rudolf Wewra, dasn perwakilan Polsek Kota Klaten. Dari jajaran UPTD Pendidikan yang diundang semua kepala sekolah dari TK, SD, SLB, SMP, SMK, dan SMA. Pada malam tirakatan tersebut yang hadir cukup banyak. Ketua panitia penyelenggara Hardiknas Kecamatan Klaten Selatan Putut Kustriatmo, dalam sambutannya mengungkapkan, malam tirakatan hardiknas diadakan secara sederhana. Ia katakan juga ke depan pendidikan di Klaten Selatan lebih maju. Ia juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya peringatan Hardiknas.

Di Kecamatan Klaten Tengah, tirakatan Hardiknas diselenggarakan di kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Klaten Tengah. Undangan yang menghadiri cukup banyak, terlihat tamu undangan duduk lesehan memenuhi ruangan depan. Tamu yang berada di luar juga banyak, mereka duduk di kursi, dan dingklik yang tersedia. Juga hadir malam tirakatan Hardiknas di kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Klaten Tengah tokoh masyarakat setempat Bambang Sulis, Juga hadir Joko Sutrisno yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, sekitar tahun 2005. Bambang Sulis dalam membagi pengalamannya mengenai pendidikan berpijak dari tema Hardiknas tahun 2015 ini, ialah Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila. Dalam paparannya Bambang Sulis antara lain mengatakan pendidikan sekarang ini sebagai jembatan emas untuk menuju masa depan yang lebih baik. Pendidikan kompentesi untuk membekali anak didik ini demi masa depan generasi muda. Tiga pilar meliputi stabilitas, pemerintah, dan masyarakat. Tiga pilar ini harus sinergis jalan baik sehingga membentuk Negara Kesatuan Republik (NKRI) yang baik pula.

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Klaten Tengah H Muhammad Isnaeni pada Klaten Direktori (KD) mengatakan, peringatan Hardiknas ini hendaknya menjadi momentum untuk mawas diri bagi pelaku pendidikan. Baik guru maupun tenaga kependidikan. “Selain itu sudahkah kita mempersiapkan generasi muda yang berkarakter Pancasila. Ini yang mesti ditanamkan pada generasi muda terus menerus,”tutur Isnaeni. Malam tirakatan Hardiknas dihadiri pejabat Muspika Klaten Selatan. Jajaran Dinas Pendidikan yang diundang tirakatan Hardiknas para kepala sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Klaten Tengah. Dalam tirakatan Hardiknas juga dilakukan potong tumpeng nasi kuning. Untuk memeriahkan suasana tirakatan di Klaten Selatan dan Klaten Tengah dihibur dengan musik organ tunggal.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *