Upacara Hardiknas Diliputi Cuaca Mendung

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di alu-alun Klaten, Sabtu (2/5), meski cuaca mendung berjalan lancar. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Hardiknas adalah Bupati Klaten H Sunarna. Selesai upacara Hardiknas dibagikan penghargaan berupa hadiah uang pada peserta yang berprestasi.

Rombongan Bupati H Sunarna sampai di alun-alun Klaten kurang lebih pukul 08.00. Tidak lama kemudian upacara Hardiknas dimulai. Para petugas upacara yang terdiri komandan upacara, pengibar bendera, dan lainnya dalam menjalankan tugasnya cukup lancar. Upacara bendera Hardiknas yang dipusatkan di alun-alun Klaten, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah diikuti siswa sekolah menengah pertama (SMP), siswa SMA/sederajad, Korpri, dan instansi lainnya. Peserta upacara hardiknas kurang lebih sebanyak 800 otang.

Menteri Pendidikan Nasional Anis Baswedan, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Klaten H Sunarna antara lain mengatakan, wajah masa depan kita berada di ruang-ruang kelas, memang. Akan tetapi hal itu bukan berarti bahwa tanggung jawab membentuk masa depan itu hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidik. Secara konstitusional, mendidik adalah tanggung jawab seriap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai sebuah gerakan bersama. Semua harus ikut peduli. Saat dibacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional, peserta upacara peringatan Hardiknas serius mendengarkannya.

Yang mendapatkan hadiah bea siswa maupun hadiah penghargaan adalah guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang berprestasi. Untuk pendidikan non formal (PNF) juga ada yang mendapatkan juara, antara lain Kelompok KF Alfitran juara 1 keaksaraan. Juara 1 lagi adalah TK Kridawati sebagai TK sehat, Tina Yuliani juara 2 instruktur kursus komputer. Untuk juara 3 lomba PKBM berprestasi ialah Suyudi. Pengawas SD Purwanto di UPTD Pendidikan Klaten Selatan sebagai juara 1. Ia akan maju di tingkat Provinsi Jawa Tengah dua pekan mendatang. Para juara ini mendapatkan perhatian dari para tamu undangan dan peserta upacara.

Tamu undangan yang menghadiri upacara Hardiknas antara lain para pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Klaten komisi 4 nampak hadir, Pengurus Partai Golkar DPD 2 Kabupaten Klaten Anang Widayaka juga hadir, dan para tamu lainnya. Selama upacara peringatan Hardiknas cuaca mendung terus menggelayut. Upacara peringatan Hardiknas kali ini adalah yang pertama kali menempati alun-alun Klaten setelah diperbaiki.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *