Tarling Desa Sekarsuli Wujud Semangat Toleransi

BERITA KLATEN – Semangat kerukunan antar umat beragama di Desa Sekarsuli, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, terwujud dalam kegiatan tarawih keliling di Masjid  Arohman, Jumat (1/6/2018) malam. Dalam tarawih keliling dihadiri warga Desa Sekarsuli yang beragama bukan Islam.

Kepala Desa Sekarsuli FX Siswanto saat menghadiri tarawih keliling (Tarling),  sambil menunggu umat Islam yang sedang melaksanakan sholat tarawih pada Berita Klaten mengatakan kegiatan Tarling di Desa Sekarsuli sudah lama dilakukan.  Tarling di Desa Sekarsuli menjadi program Desa Sekarsuli untuk kegiatan keagamaan. Dalam pelaksanaan Tarling perangkat Desa Sekarsuli yang bukan beragama Islam, dan tokoh masyarakat yang bukan Islam termasuk personel Badan Permuswaratan Desa (BPD) Sekarsuli juga ikut menghadiri Tarling.

Setelah sholat tarawih selesai, Kades Sekarsuli FX Siswanto dan tokoh masyarakat dan warga Sekarsuli yang beragama non Islam masuk ke Masjid Arohman. Pengurus Masjid Arohman dengan ramah mempersilahkan masuk.

FX Siswanto selaku Kepala Desa Sekarsuli dalam sambutannya antara lain mengatakan adanya tim dari Desa  Sekarsuli yang mendatangi kegiatan tarawih keliling untuk melihat program kegiatan keagamaan apa bisa berjalan. Selain itu, lanjut FX Siswanto ingin menjalin hubungan akrab (rumaket). Perbedaan agama  atau keyakinan adalah keberagaman yang mesti terus menerus dipupuk. Kehidupan toleransi antar umat beragama akan terus dipertahankan.

Dalam kesempatan Tarling di Masjid Arohman  FX Siswanto mendukung umat Islam yang sedang menjalan puasa. Dalam menjalani ibadah puasa bisa berjalan lancar.

Kesempatan menghadiri Tarling di Masjid Arohman Sekarsuli,  FX Siswanto menyerahkan bantuan untuk kegiatan keagamaan  pada Taksmir Masjid Sungkur Baru, Taksmir Masjid Sungkur, Taksmir Masjid Ploso Arum, dan Taksmir Masjid Arohman Sekarsuli. Sedangkan  untuk Taksmir Masjid Nurul Huda Gatak, Taksmir Masjid Almutaqin Karangnongko, dan pada Taksmir Masjid Solikin di Semangkak sudah diserahkan pada Rabu malam lalu.

Dalam menghadiri Tarling di Masjid Arohman Sekarsuli tadi malam FX Siswanto juga menyampaikan informasi  tentang pajak bumi dan bangunan (PBB)  ditangani oleh BUMDes Sekarsuli. Untuk itu warga agar membayar PBB  Selain itu FX Siwanto juga menyampaikan pada tanggal 27 Juni 2018 yang akan datang Jawa Tengah ada pemilihan gubernur. FX Siswanto pada warga agar menggunakan   hak pilihnya. Warga Sekarsuli agar tetap menjaga persatuan meski pilihan berbeda.

Pembawa tauziah adalah Sugiyanto. Dalam tauziah atau kultum Sugiyanto mengatakan Alquran yang turun di Bulan Romadon sebagai petunjuk hidup bagi manusia. Alquran tidak hanya pedoman bagi umat Islam, tetapi bagi semua manusia. “Diharap Umat Islam juga mau belajar Alquran,”ajak Sugiyanto. (ksd).



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *