Guru PAUD Dituntut Buat LPJ BOP Lengkap

BERITA KLATEN-Para guru pendidikan anak usia dini (PAUD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengikuti pelatihan mengenai laporan pertanggunganjawaban penggunaan dana bantuan operasional pendidikan (BOP). Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Klaten, Senin s/d. Kamis (30/10-2/11/2017).

Kasi PAUD Bidang PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Tri Margiyanto, ketika memberi pengarahan pada para guru PAUD antara lain mengatakan para guru PAUD yang mendapatkan BOP dalam membuat laporan pertanggungjawaban (LPJ) mesti harus tepat. Tepat yang dimaksudkan adalah tepat waktu dan tepat sasaran, serta laporan benar.

Karena itu, lanjut Tri Margiyanto, para guru PAUD jaman sekarang harus bisa mengoperasikan laptop maupun komputer. Menurut Tri Margiyanto laptop maupun komputer sudah menjadi sarana atau alat bekerja di jaman milineal ini. “Menggunakan hand phone (HP) saja  terampil, maka para guru PAUD ya mesti dapat menggunakan komputer maupun laptop. Karena jaman sekarang komputer dan laptop menjadi alat atau sarana bekerja yang vital,”ujar Tri Margiyanto memotivasi para guru PAUD. Respon para guru PAUD peserta pengarahan pelaporan BOP memperhatikan seksama.

Dalam kesempatan berbincang dengan Berita Klaten, Tri Margiyanto menuturkan setiap anak yang duduk di jenjang PAUD mendapatkan bantuan sebesar Rp600.000,- per tahun. Lembaga yang menyelenggarakan PAUD minimal mempunyai peserta didik sejumlah 12 anak.  Sedangkan untuk maksimal jumlah peserta didik tidak dibatasi.

Menyinggung penggunaan  BOP, dana BOP adalah merupakan bantuan operasional pendidikan. Menurut Tri Margiyanto dapat digunakan untuk beli alat permainan edukasi. Juga dapat untuk menambahi uang transpot bagi guru PAUD. Untuk kebutuhan operasinal ada prosentasenya. Syarat PAUD untuk mendapatkan BOP adalah mempunyai nomor pokok sekolah nasional, mempunyai rekening bank, ada peserta didik, dan mempunyai MPWP.

PAUD yang ada di Klaten jumlahnya ada 1089. Tahun 2017 ini adalah ke-2 jenjang PAUD mendapatkan BOP. Kali pertama BOP digelontorkan pada tahun 2016. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *