Desa Ngering Rintis Desa Wisata Untuk Taman Buah

BERITA KLATEN (BK)-Dalam merintis desa wisata, Pemerintah Desa Ngering melakukan tanam bersama untuk perintisan taman buah di lahan kas Desa Ngering, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jateng,  Jumat (3/2).

Proyek penanaman budi daya tanaman buah klengkeng itoh super merupakan program keluarga harapan (PKH) Desa Ngering.  Kepala Desa Ngering, N Rahmanto pada wartawan mengatakan program untuk menjadikan Desa Ngering sebagai desa wisata sudah direncanakan sesuai dengan Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2018. Targetnya pada tahun 2021 program menjadikan desa wisata bisa tuntas. Untuk penanaman perintisan ini akan ditanam bibit klengkeng kurang lebih 30 batang bibit klengkeng. Kedepan akan dikembangkan adanya tempat taman bermain berupa water bom di tanah kas Desa Ngering yang luasnya sekitar 1 hektar.

Menurut N Rahmanto sebagai dasar kekuatan hukum Desa Ngering sudah membuat peraturan desa (Perdes). Desa wisata di Ngering agar ada kekuatan hukum sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga sudah diberi nama, namanya Dharma.

Dalam sambutannya di hadapan hadirin N Rahmanto mengatakan warga petani di Desa Ngering dapat mengembangkan wiraswasta dengan menanam buah klenkeng itoh super. Jadi, lanjut Rahmanto untuk wiraswasta bertani dapat dengan media lain, tidak hanya menanam padi.

IMG20170203093339

Kegiatan tanam bersama untuk pelaksanaan penanaman bibit klengkeng dipandu oleh Direktur Telaga Nursery H Isto Suwarno. Telaga Nursery merupakan lembaga pertanian yang mengerjakan budi daya pembibitan tanaman klenkeng itoh super.

Sebelum pelaksanaan penanaman bibit klengkeng H Isto Suwarno menyampaikan pengalamannya waktu mengawali melakukan budi daya tanaman buah klenkeng itoh super. Menurutnya, awalnya ia belajar di Thailand mengamati budi daya tanaman buah klengkeng. H Isto Suwarno setelah mengamati Indonesia mempunyai iklim yang sama dengan dengan Thailand. Tanaman klenkeng perlu cuaca panas, dan butuh air yang cukup. Kemudian untuk mengatasi serangan hama kelelawar perlu jaring untuk brongsong klengkeng.

Demi kemajuan desa dalam membudidayakan tanaman buah klenkeng itoh super, H Isto Suwarno menjanjikan akan mendampingi sejak penanaman bibit buah klengkeng  itoh super hingga tanaman klengkeng berbuah.

Kegiatan tanam bersama perintisan taman buah di Desa Ngering dihadiri Camat Jogonalan Agus Salim, Kapolsek Jogonalan AKP Ngadino, perwakilan Koramil Jogonalan Sertu Mujiyono, pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ngering, pengurus tim penggerak PKK, para pendamping desa, dan tamu lainnya.

IMG20170203091759

Camat Agus Salim dalam sambutannya antara lain mengatakan, ia mengapresiasi Desa Ngering yang kreatif. Desa agar memanfaatkan dana desa untuk investasi. Menurut Agus Salim dana desa tidak selamanya ada. Maka dana desa diharapkan desa dapat mandiri.

Dalam peresmian tanam bersama perintisan taman buah ditengarai potong tumpeng oleh Camat Jogonalan Agus Salim dan isterinya Palupi yang diberikan pada N Rahmanto dan Salindri.

IMG20170203093140

Pelaksanaan penanaman bibit klengkeng dipandu H Isto Suwarno.  Camat Agus Salim dapat bagian menanam sebatang bibit buah klengkeng di  tanah berlubang yang sudah disediakan. Semua pejabat Muspika mendapat jatah menanam bibit tanaman buah klengkeng. Termasuk perangkat Desa Ngering maupun Kades, dan beberapa tokoh masyarakat dan pengurus PKH juga menanam menanam bibit klengkeng. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *