Salah satu truk angkutan galian C yang melinatas di jalan larangan galian C dihentikan petugas dan disuruh menurunkan sebagian pasir untuk mengurug jalan yang berlobang. (p.kus)

Camat Hentikan Truk Angkutan Galian C Di Kebonarum

KEBONARUM (BK). Camat Kebonarum,  Joko P bersama aparat Polsek Kebonarum  menghentikan truk-truk angkut galian C,  Kamis (3/3) siang tadi. Tujuan menghentikan truk-truk,  Camat  Joko P menginginkan agar sopir menurunkan sebagian pasir untuk mengurug jalan yang berlubang.

Tindakan ini dilakukan oleh Camat Joko P setelah  mengamati jalan di wilayah Kecamtan  Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah rusak, banyak berlubang karena dilewati truk mengangkut galian C  yang melanggar rambu lalu lintas. Oleh karena itu Camat Joko P melakukan koordinasi dengan Kapolsek Kebonarum AKP Weleri untuk mengambil tindakan  menghentikan truk-truk   agar menurunkan sebagian pasir yang diangkut guna untuk mengurug jalan yang berlobang-lobang.

Selesai koordinasi, siang tadi  Camat Joko P bersama Kasi Trantip  Herry Susilo, dan aparat Polsek Kebonarum  langsung turun di jalan larangan angkutan galian C.  Truk-truk  yang melintas dari pertigaan Basin ke arah timur dihentikan oleh Camat Joko P dan aparat dari Polsek Kebonarum.  Sopir truk yang mengangkut galian C disuruh menurunkan sebagian galian C berupa pasir untuk mengurug jalan yang berobang-lobang.

Tindakan yang dilakukan oleh Camat Joko P banyak warga  yang tinggal di pinggir  jalan Kebonarum mengapresiasi positip.  Mereka  menganggap rusaknya jalan dari titik pertigaan Basin hingga ke timur sampai Gayamprit masuk wilayah Kecamatan Klaten Selatan karena banyaknya truk angkutan galian C yang melintas.

Camat Joko P pada wartawan  mengungkapkan, jalan di wilayah Kebonarum banyak yang berlobang karena banyaknya truk yang lewat.  Selain itu banyak truk yang melanggar rambu larangan untuk dilewati galian C.  Mestinya truk yang mengangkut galian C  dari pertigaan Basin ke arah selatan, lewat Gondang samping Pabrik Gula Gondang. Setiap hari  truk-truk angkutan galian C yang melintas  melewati  pertigaan Basin ke arah timur  volume  mencapai kurang lebih 300-an truk. “Apalagi musim hujan begini jalan mudah rusak bila dilewati truk yang berbeban berat. Jalan larangan dilewati truk angkutan galian C pertigaan Basin ke arah timur hingga Gayamprit cukup padat kendaraan. Sehingga  potensial terjadi laka lantas.  Berulang kali bila  terjadi laka lantas karena pengendara berusaha menghindari jalan yang berlobang,”ungkap Joko P

Tindak lanjut yang akan dilakukan Camat Joko “Podang”  memerintahkan pada Sekretaris Kecamatan Kebonarum Tri Harjanto untuk  menyurati pada Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten, dan tembusannya kepada Polres Klaten dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klaten bagian Bina Marga. Isinya permohonan untuk menertibkan kendaraan truk yang  melewati  jalur larangan galian C.  Selanjutnya agar truk-truk yang melintas melanggar larangan angkutan galian C ditindak bukti pelanggaran. (ksd)

Petugas mengehentikan truk-truk yang melintas di jalan larangan galian C di wilayah Kecamatan Kebonarum
Petugas mengehentikan truk-truk yang melintas di jalan larangan galian C di wilayah Kecamatan Kebonarum. (p.kus)

 



2 Komentar

  1. tingkatkan emang mereka bikin rusak jalan.

  2. tingkatkan emang mereka bikin rusak jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *