UNBK Hari Ke-2 SMK Wasis & SMKN 1 Gantiwarno Lancar

BERITA KLATEN-Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wasis di Jogonalan dan SMK Negeri 1 Gantiwarno, di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sampai pada hari ke-2, Selasa (3/4/2018) ini berjalan lancar.

Peserta UNBK  di SMK Wasis Jogonalan jumlahnya ada 41 siswa terdiri dari program keahlian akuntansi (AK) ada 14 siswa, program keahlian administrasi perkantoran (AP) 16 siswa,   dan program keahlian pemasaran (PM) ada 11 siswa.  Laboratorium komputer ada 1,  dan komputer yang disediakan ada 21 unit. Server untuk pelaksanaan UNBK disediakan ada 2.  Untuk mengantisipasi bila listrik padam atau mati menurut Kepala SMK Wasis Suharno sudah disiapkan jenset. Suharno mengungkapkan semua persiapan sudah disinkronkan dengan pusat pada waktu persiapan pelaksanaan UMBK.

Kemudian menurut Kepala   SMK Negeri 1 Gantiwarno Sihono,  peserta UNBK untuk SMK Negeri 1 Gantiwarno ada 302 orang siswa. Program Keahlian di SMK Negeri Gantiwarno ada 3 ialah program keahlian teknik kendaraan ringan,  teknik komputer dan jaringan,  dan program keahlian tata busana. Rincian siswa peserta UNBK adalah program keahlian teknik kendaraan ringan ada 138 siswa, program keahlian teknik komputer dan jaringan ada 92 siswa, dan program keahlian tata busana jumlahnya ada 72 siswa. Menurut Sihono, di SMK Negeri 1 Gantiwarno dalam pelaksanaan UNBK tahun 2018 ini digabungi dari SMK Tunas Cawas. Jumlah peserta UNBK dari SMK Tunas Cawas ada 9 orang siswa. Rinciannya untuk program keahlian teknik sepeda motor ada 6 siswa,  dan program keahlian tata busana ada 3 orang siswa.

Ditemui di kantornya, Sihono mengungkapkan UNBK sangat tepat untuk membangun kharakter para siswa.  Karena dalam mengerjakan soal UNBK para siswa harus mengerjakan secara jujur. Maka  siswa dalam mengerjakan UNBK  sangat dituntut mandiri. Karena soal UNBK masing-masing siswa berbeda.

Sihono menegaskan UNBK harus sukses. Karena itu Sihono menggerakan semua guru dan karyawan dilibatkan mensukseskan pelaksanaan UNBK. Karena itu demi suksesnya UNBK setiap malam ada jaga malam dilakukan guru dan karyawan. Untuk menyemangati Sihono juga datang jaga malam di sekolah.

Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pelaksanaan UNBK berjalan lancar. Hal itu diungkapkan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK di Klaten Budi Sasangka pada Berita Klaten ketika lewat washap. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *