SISMOB Bermanfaat Untuk Meningkatkan Kwalitas Pendidikan

BERITA KLATEN – Sistem informasi sekolah mobile (SISMOB) bila sudah diterapkan di sekolah dasar sangat bermanfaat untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di sekolah dasar.

Demikian dikatakan Pimpinan CV Karimunjawa Lima Enang Didik ketika menyampaikan sosialisasi SISMOB pada para kepala sekolah dasar dan para operator  se Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Kuwaren, Senin (4/11/2019). Lebih lanjut Enang Didik menuturkan, karena SISMOB akan melibatkan orang tua siswa untuk membantu anak belajar. Selain itu lanjut Enang Didik, sekolah akan dapat menyampaikan hal ikwal mengenai kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Contohnya, seperti perkembangan peserta didik, kegiatan apa saja yang diikuti siswa, tabungan siswa, kemajuan yang dicapai sekolah, dan lainnya. Termasuk guru kelas yang mesti mempersiapkan KBM.  Informasi dari sekolah dapat dilihat oleh orang tua siswa menggunakan hand phone (HP) jenis android. Untuk dapat masuk ke SISMOB semua HP milik orang tua harus diinstal terlebih dahulu.

Kepala Bidang (Kabid) SD Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Wahyu Sugiharja ditemui di sela-sela kegiatannya mengenai SISMOB bila dilaksanakan di SD sangat bermanfaat untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di Kabupaten Klaten. Karena orang tua siswa akan terlibat memantau pendidikan anaknya. Orang tua tentumya akan selalu mengecek tugas-tugas pekerjaan rumah, maupun tugas lainnya. Karena itu masing-masing sekolah dasar akan terlihat bagaimana mengupayakan kemajuan sekolahnya.

Beberapa orang kepala SD negeri yang ditemui mengatakan fitur-fitur pada aplikasi SISMOB sangat baik. Tentunya itu akan dapat memotivasi untuk meningkatkan kinerja para guru.  Sehingga sekolah akan dapat menyampaikan informasi   pada orang tua siswa. Sebaliknya orang tua juga dapat menyampaikan hal-hal yang menjadi problem pada guru kelas.

Enang Didik pada BERITA KLATEN mengatakan SISMOB ini diciptakan oleh putra asli Klaten. Semangat niatan untuk memajukan  pendidikan di Klaten menjadi keinginan  Enang Didik. Harapan Enang Didik pada semester 2 SISMOB sudah diterapkan di sekolah-sekolah dasar negeri di Klaten.

Menurut Enang Didik sosialisasi SISMOB pada Korwil Pendidikan dan ketua kelompok kerja kepala sekolah (K3S) se Kabupaten Klaten dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2019 lalu.  “Sehingga SISMOB sudah direkomendasi oleh Dinas Pendidikan. Sekarang sedang tahap dilakukan sosialisasi SISMOB pada kepala sekolah dasar se Kabupaten Klaten,”tutur Enang Didik.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *