Deklarasi Damai Pilkades Kecamatan Karangnongko

BERITA KLATEN – Deklarasi damai pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jateng diikuti sejumlah 27 orang calon kepala desa dari 8  desa. Pelaksanaan deklarasi damai di Aula  Kecamatan Karangnongko, Selasa (5/3/2019) siang.

Dalam deklarasi damai di tingkat Kecamatan Karangnongko, meski para calon kepala desa (cakades) pada pagi hari juga baru saja mengikuti deklarasi damai pilkades se Kabupaten Klaten di GOR Gelarsena Klaten, tetapi semua cakades di Kecamatan Karangnongko juga menghadiri deklarasi damai di Kecamatan Karangnongko. Pembacaan deklarasi damai dilakukan oleh Marsudi cakades dari Desa Ngemplak. Pembacaan teks deklarasi damai pilkades ditirukan  oleh semua cakades.

Camat Karangnongko Jaka Supriyanto, dalam sambutannya  antara lain mengatakan dalam pelaksanaan pilkades  semua komponen ingin menciptakan situasi aman dan kondusif.  Maka dalam deklarasi damai semua komponen BPD, panitia, dan cakades ikut menandatangani naskah teks deklarasi damai.  Kemudian, lanjut Camat Jaka Supriyanto,  tentunya semua warga masyarakat menghendaki situasi aman. Nantinya yang menang adalah yang terpilih, hendaknya semua bisa menerima, dan legowo.

Kapolsek Karangnongko AKP Baroji, dalam sambutannya antara lain mengungkapkan jangan dikumendangkan isu sara. Karena  bila menyinggung isue agama sangat sensitip. Pilkades ditegaskan AKP Baroji adalah urusan politik. Kegiatan Pilkades jangan sampai mengganggu pelaksanaan  Pemilu pada tanggal 17 April bulan depan, yang akan milih presiden dan anggota DPR pusat, DPD, dan DPRD tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota. Baroji juga mengatakan  polri siap mengamankan pilkades di wilayah Kecamatan Karangnongko.

Di Kecamatan Karangnongko jumlah cakades ada 5 ialah Desa Logede dan Desa Karangnongko.  Kemudian Desa  yang cakades ada 3 orang adalah  Desa Kadilajo, Desa Gumul, Desa Jagalan. Jumlah cakades ada 2 orang adalah Desa  Sumokaton dan Desa Ngemplak. Untuk Desa Kanoman jumlah cakades ada 4 orang. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *