Sebelum Masuk Ruang UNBK Siswa Dipersiapkan Di Ruang Tunggu

BERITA KLATEN (BK)-Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Trucuk, Kabupaten Klaten, Jateng sebelum masuk ruang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dipersiapkan di ruang tunggu. Para siswa kelas 3 ditertibkan pakaian seragamnya lengkap dengan atributnya, tas dan handphone ditinggal di ruang tunggu, dan kartu ujian dibagikan pada siswa.

Demikian diungkapkan Wakil Kepala SMK Negeri 1 Trucuk bagian kesiswaan Eko Sumardi ketika ditemui Berita Klaten di kantornya, Kamis (6/4) pagi pada hari ke-4 pelaksanaan UNBK. Lebih lanjut Eko Sumardi menuturkan, di ruang tunggu siswa diberi motivasi oleh wali kelasnya dan panitia UNBK  di SMK Negeri 1 Trucuk. Tujuan motivasi, lanjut Eko Sumardi, siswa diberi semangat agar  penuh percaya diri menghadapi UNBK. Persiapan di ruang tunggu dilakukan setiap sesi atau shift pelaksanaan UNBK.

Menurut Eko Sumardi, jumlah peserta UNBK di SMK Negeri 1 Trucuk ada 435 siswa. Jumlah 435 siswa peserta UNBK terdiri dari beberapa program keahlian, ialah Program Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman, Program Keahlian Agribisnis Produksi Ternak, Program Keahlian Kesehatan Hewan, Program Keahlian Teknik Otomotif, dan Program Keahlian Teknik Kimia. Ruang UNBK di SMK Negeri 1 Trucuk ada 4 untuk pelaksanaan UNBK.

Kepala SMK Negeri 1 Trucuk Agus Supriyanto mengatakan para siswa kelas 12 sudah dipersiapkan menghadapi UNBK. Untuk mengantisipasi gangguan arus listrik PLN menurut Agus Supriyanto sudah disiapkan dengan menyewa generator atau jenset berkekuatan 40.000 kwh. Mempersiapkan siswa kelas 12 menghadapi UNBK juga dilakukan simulasi. Sumber daya manusia (SDM) juga sudah dipersiapkan untuk mendukung pelaksanaan UNBK, antara lain, bagian teknisi Yolio Ahmad Syafi’i, dan Topo Haryanto. Untuk proktor antara lain Nur Alamzah, Sri Daryanta, Djoko Setyo Purnomo, Rahadian Yoga, dan Prasetyo Cahyono.

Dengan kesiapannya pelaksanaan UNBK bagi SMK Negeri 1 Trucuk, Agus Supriyanto berharap UNBK terlaksana lancar, tidak ada gangguan. SMK Negeri 1 Trucuk dapat nilai baik, sehingga mencapai prestasi baik. Siswa yang lulus segera dapat pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya. Bagi siswa yang akan melanjutkan masuk perguruan tinggi dapat sukses lulus sarjana.  Karena itu ia menyarankan pada siswa agar tekun berdoa mohon pada Tuhan diberi kemudahan menghadapi UNBK.

Salah seorang siswi program keahlian teknik kimia Yuliana, seusai mendapatkan pengarahan di ruang tunggu menjawab pertanyaan Berita Klaten mengenai pelaksanaan UNBK, Yuliana mengatakan semoga pelaksanaan UNBK lancar. Ia mengatakan tidak ada kesulitan karena untuk persiapan ada simulasi. Yuliana juga sudah mempersiapkan diri menghadapi mata pelajaran yang diujikan ialah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Kejuruan Kompetensi. Yuliana mengatakan punya rencana akan melanjutkan kuliah masuk di perguruan tinggi Universitas Negeri Yogyakarta.

Para siswa SMK  Negeri 1 Trucuk kelas 12  yang mengikuti UNBK taat melakukan sesuai jadwalnya untuk masuk ruang tunggu, masuk laboratorium komputer,  terus mengerjakan soal UNBK, dan pengambilan tas di ruang tunggu setelah selesai mengerjakan soal UNBK.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *