Workshop Optimalkan Capaian Ujian

Workshop Matematika yang diadakan di Bale Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah beberapa pekan lalu merupakan upaya untuk mengoptimalkan capaian hasil ujian sekolah. Workshop mata pelajaran Matematika diikuti guru kelas.

Demikian dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Kemalang Jarot Setyo Sriwidodo, ketika ditemui di kantornya, Jumat (17/4). Ia berharap hasil akhir ujian sekolah di tingkat sekolah dasar (SD) yang memuaskan. Pak Jarot, sapaan akrab sehari-hari Jarot Setyo Sriwidodo menegaskan agar capaian akhir nilai bagi siswa yang lulus nilainya bermutu. Ia mengakui dan mernyadari bahwa nilai ujian nantinya bukan penentu kelulusan bagi siswa.

Kesempatan itu juga Jarot mengatakan baru saja mengadakan rapat konfenrensi (Rakor) dengan para kepala sekolah di SD Negeri Sidorejo, yang berada di lereng Gunung Merapi. Dalam rapat konferensi tersbut diiformasikan mengernai peringatan Hari Pendidikan Nasional. Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) acara malam tirakatan dilaksanakan di UPTD Pendidikan, di tingkat kecamatan. Untuk kesiapan ujian sekolah juga diadakan santi aji bagi yang tugas mengawas. Pengawasan ujian sekolah dilakukan silang.

Jarot menjabat sebagai Kepala UPTD Pendidikan di Kecamatan Kemalang baru sekitar 4 bulan, ia mengungkapkan menyadari sebagai orang baru berusaha agar diterima di tempat kerja yang baru. Menjalin relasi yang baik dengan pejabat di Kecamatan Kemalang selalu dilakukan. Karena ini menjadi salah satu modal kerja untuk keberhasilan. Untuk menjalin kerja sama yang baik dengan jajarannya, ia melakukan rapat konferensi secara bergiliran. Ini untuk menciptakan suasana yang variasi.

Ia juga menuturkan, di wilayah Kecamatan Kemalang medan yang berada di lereng Gunung Merapi cukup sulit. Dari Desa Balerante kalau mau menuju ke Desa Tegalmulyo melewati medan yang sulit. Jalan-jalan yang dilewati banyak yang rusak. Melewatati jalan-jalan di atas jurang di lereng Gunung Merapi merupakan pandangan biasa. Karena itu, Jarot berharap ada perlakuan yang beda pada guru-guru yang bertugas di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Perlakuan beda, harapan Jarot adalah ada peningkatan atau tambahan kesejahteraan bagi guru. yang bertugas di sekolah yang ada di lereng Gunung Merapi.

Di Kecamatan Kemalang ada 25 SD Negeri, kemudian guru yasng status guru pegawai negeri sipil (PNS) jumlahnya 136, lainnya guru wiyata bhakti (WB). Dana beaya operasional sekolah (BOS) banyak untuk memberi kompensasi bagi guru WB. Sehingga beaya untuk kegiatan siswa yang bersifat rekreatif, bukan untuk peningkatan kognitif berkurang. Namun Jarot tetap berupaya mengoptimalkan kegiatan demi kebaikan mutu di wilayah Kecamatan Kemalang.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *