KPU Kabupaten Klaten Mengevaluasi Pemilu Th 2019

BERITA KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyelenggarakan  evaluasi pencalonan anggota DPRD Kabupaten Klaten Pemilu tahun 2019 di Hotel Grand Cakra, Selasa (5/11/2019) pagi.

Ketua KPU Kabupaten Klaten Kartika Sari Handayani,  dalam sambutannya antara lain mengungkapkan dalam Pemilu tahun 2019 yang diselenggarakan  serentak di Klaten berjalan lancar dan kondusif. Selanjutnya para anggota DPRD Kabupaten Klaten sudah dilantik beberapa bulan lalu.

KPU Klaten dalam menggelar evaluasi pencalonan anggota DPRD Kabupaten Klaten Pemilu serentak tahun 2019 menghadirkan dua orang nara sumber ialah Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajat dan Dosen Unika Soegiyopranoto Semarang Andreas Pandiangan. Dalam mengevaluasi Pemilu serentak tahun 2019 yang implikasinya termasuk pencalonan anggota DPRD Kabupaten Klaten diikuti kurang lebih 50-an orang. Adalah para stake holder (pemangku kepentingan) adalah Bawaskab, Forkompinda, Kejaksaan, wartawan, dan lainnya.

Andreas Pandiangan dalam pengantar paparannya antara lain mengungkapkan esensi pemilu termasuk pemilukada adalah 1.merupakan salah satu alat masyarakat berdaulat, 2 Sebagai implementasi pilihan model/sistem demokrasi, 3. Salah satu sarana sirkulasi elit politik tingkat nasional dan lokal. Dikatakan juga pada masa kampanye Pemilu serentak lalu masyarakat atau rakyat hanya tahu kampanye presiden dan wakil presiden. Rakyat ingin mengetahui siapa calon DPR pusat, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD  Kabupaten / Kota tidak terpenuhi. Rakyat hanya tahu nomor urut calon dewan perwakilan rakyat.

Yulianto Sudrajat dalam paparannya antara lain  mengungkapkan rasa kekhawatirannya karena  calon presiden ada 2. Sehingga kompetisinya berhadap-hadapan. Rentang  masa kampanye cukup panjang, sehingga cukup melelahkan. Setelah selesai Pemilu merasa lega. Pemilu serentak tahun 2019 ini  juga  mengakibatkan panitia pemungutan suara ada  yang meninggal cukup banyak. Yulianto juga menginformasikan mengenai Pilkada serentak di Provinsi Jawa Tengah pada bulan September 2020 ada 21 kabupaten/kota. Klaten juga akan menyelenggarakan Pilkada.

Dalam mengevaluasi pencalonan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Klaten di Pemilu serentak 2019  dipandu oleh Syamsul. Evaluasi pemilu serentak 2019 berakhir sekitar pukul 12.00.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *