PTS Disarankan Bergabung Menghadapi Persaingan Dengan PT Luar Negeri

BERITA KLATEN – Dalam rapat koordinasi Pimpinan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Pimpinan PTS Rayon II Surakarta. Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah di Universitas Widya Dharma Klaten, Kamis (8/3/2018)  tadi pagi disarankan oleh nara sumber  agar PTS bergabung untuk keberlangsungan.

Salah satu nara sumber  pembicara dari Direktur Jendral Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Tehnologi Dan Pendidikan Tinggi Dr Ir Patdono Suwignyo M Eng Sc antara lain selain  banyak memberi informasi latar belakang diijinkannya perguruan tinggi asing menyelenggarakan pendidikan tinggi di Negara Indonesia yang akan menjadi kompetiter bagi perguruan tinggi Indonesia. Ia juga memberi saran agar PTS bergabung sehingga kuat kedudukannya.

Model pelaksanaan kuliah di jaman now (sekarang) sudah  kuliah jarak jauh tentunya menggunakan sistem online. Maka dimungkinkan perguruan tinggi membuka sistem kuliah secara online  distance learning (kuliah/belajar jarak jauh).

Ia menjawab para wartawan, antara lain bahwa perguruan tinggi luar negeri dan perguruan tinggi dalam negeri yang sudah menggunakan sistem online adalah suatu keniscayaan  yang tidak bisa dibendung lagi. Maka perguruan  tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta agar mulai membuka sistem kuliah online distance learning.  Untuk tahun 2018 ini perguruan tinggi luar negeri yang masuk ke  Negara Indonesia adalah perguruan tinggi dari Australia. Perguruan tinggi dari luar negeri adalah yang mempunyai peringkat terbaik. “Dan mesti ada kerja sama antara perguruan tinggi luar negeri dan perguruan tinggi dalam negeri baik PT Negeri maupun PT Swasta.

Nara sumber yang lain adalah Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof Intan Ahmad menyampaikan materi kebijakan dan Implementasi penomoran ijazah nasional (PIN) dan sistem verifikasi ijazah secara elektronik. Kemudian Sekretaris Majelis Akreditasi BAN PT Imam Buchori ST menyampaikan materi kebijakan instrumen akreditasi berbasis standart nasional pendidikan tinggi (SN DIKTI).

Rektor Universitas Widya Dharma Klaten H Triyono dalam diwawancarai para wartawan antara lain menuturkan, Unwidha juga akan mempersiapkan sistem pembelajaran atau kuliah lewat online. Yang perlu dipersiapkan teknologinya dalam menyelenggarakan kuliah sistem online distance learning. Misalkan ada mahasiswa yang tinggal di Papua, maka perlu mempersiapkan piranti teknologi di Papua.

Peserta yang hadir dalam rapat koordinasi Pimpinan Badan Penyelenggara PTS Pimpinan PTS Rayon II Surakarta  Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah  kurang lebih ada 250-an orang. Dari tuan rumah penyelenggara rapat koordinasi tersebut adalah Pengurus Yayasan Pendidikan Indonesia Basuki,  Sumargono, Rektor Unwidha Klaten Prof H Triyono, dan tamu undangan lainnya. Pelaksanaan rapat koordinasi tersebut dijadwalkan berakhir kurang lebih pukul 13.15. (ksd).



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *