RS Cakra Husada Bantu Air Bersih Di Panggang

Rumah Sakit Cakra Husada Klaten membantu air bersih untuk warga masyarakat RW 5 di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Selain membantu air bersih juga melakukan pengobatan gratis di Balai Desa Panggang, Selasa (8/9). Rumah Sakit (RS) Cakra Husada dalam melakukan kegaiatan bhakti sosial memberi bantuan air bersih sebanyak 12 tangki dan melakukan pengobatan gratis bagi warga masyarakat Desa Panggang merupakan wujud kepeduliannya. Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) RS Cakra Husada Klaten Edy Wiratno, beserta rombongan diterima Camat Kemalang Priharsanta, Kepala Desa Panggang Nandang Nuryanto beserta perangkat desa di Balai Desa Panggang. Camat Kemalang Priharsanta dalam sambutannya antara lain mengungkapkan banyak terima kasih kepada RS Cakra Husada yang telah membantu air bersih dan melakukan pengobatan gratis pada masyarakat Desa Panggang.

Priharsanta juga mengatakan di Kecamatan Kemalang desa yang tidak rawan kekeringan adalah Desa Bawukan. Wilayah Kecamatan Kemalang ada 13 desa, yang rawan kekeringan ada 12 desa, total ada 7.299 kepala keluarga ada 22.923 jiwa. Untuk Desa Panggang ada 380 kepala keluarga, dan ada 1.221 jiwa. Kepala Desa Panggang Nandang Nuryanto pada Klaten Direktori mengungkapkan kebutuhan untuk mencukupi air bersih bagi masyarakat Desa Panggang perlu dibuatkan subur bur. Sumur bur yang sudah ada bila musim kemarau panjang mengalami kekeringan. Maka sumur bur yang sudah ada perlu dilakukan pengeburan lebih dalam.

Nandang Nuryanto yakin bila sumur bur diperdalam air dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat Desa Panggang. Kondisi musim kemarau panjang seperti sekarang ini banyak warga yang menjual sapi hewan piaraannya untuk kebutuhan ekonomi. Untuk kebutuhan minum hewan piaraan warga mesti beli air. Untuk kebutuhan air bersih juga beli. Bantuan air bersih dari RS Cakra Husada Klaten, menurut Nandang Nuryanto akan didrop di RW 5. Bantuan air bersih dari RS Cakra Husada ini sangat membantu warga masyarakat di Desa Panggang. Anak-anak taman kanak-kanak beserta puluhan siswa SD Negeri Panggang ikut menyambut kehadiran rombongan dari RS Cakra Husada Klaten.

Edy Wiratno dalam sambutannya antara lain mengatakan merasa senang dapat membantu air bersih pada masyarakat Desa Panggang dalam masa kemarau panjang ini. Ia juga menginformasikan layanan RS Cakra Husada Klaten. Untuk pelayanan pada masyarakat pihak RS Cakra Husada siap menjemput pasien dari rumah. Dalam kesempatan bhakti sosial ini, motivator RS Cakra Husada melatih para siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Panggang cara mencuci tangan menggunakan cairan pembersih. Para siswa SD Negeri Panggang nampak senang dilatih mencuci. Sedangkan anak-anak TK yang ada di dekat balai desa diajak bermain dan bernyanyi bersama yang didampingi oleh salah seorang staf dari RS Cakra Husada Klaten. Suasananya terasa gembira karena juga diiringi musik organ tunggal.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *