Dewan Kesenian Klaten Gelar 66 Kegiatan Seni Budaya

BERITA KLATEN – Tahun 2019 ini Dewan Kesenian Kabupaten Klaten memprogramkan  menggelar kegiatan seni budaya sejumlah 66 kesenian.

Demikian dikatakan Ketua Harian Dewan Kesenian Kabupaten Klaten FX Setyawan DS ketika dilakukan konferensi pers di Sekretariat Dewan Kesenian Kabupaten  Klaten, yang berada di Kompleks Gedung Sunan Pandanaran,  Selasa (9/7/2019) tadi pagi. Jabaran program  Dewan Kesenian Kabupaten Klaten  dari 66 kegiatan  digelar di tahun 2019. Pada bulan Januari lalu sudah dimulai. Pentas ketoprak rutin yang digelar tiap malam Jumuah Legen,  juga pentas pagelaran wayang kulit tiap Selasa Kliwonan. Event pentas ketoprak dan pagelaran wayang kulit itu di gelar panggung atau halamn Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan wawancara  FX Setyawan DS pada wartawan mengatakan anggaran untuk Dewan Kesenian Klaten yang disetujui DPRD sebesar Rp 2 miliar. Dan pada anggaran perubahan yang akan datang akan ditambah Rp 700.000,- Sehingga jumlah anggaran untuk Dewan Kesenian Kabupaten Klaten sejumlah Rp 2,7 miliar di tahun 2019 ini. FX Setyawan DS juga mengatakan seni budaya di Klaten perlu dilestarikan dengan filosofi nguripke, ngurubke, dan ngirapke. Karena, lanjut FX Setyawan DS kecuali masyarakat Klaten yang sudah terpenuhi kebutuhan primernya, masyarakat butuh hiburan. Masyarakat yang terpenuhi kebutuhan hiburan maka akan sejahtera. Ia menegaskan seni budaya dapat menciptakan suasana damai dan aman. Tidak ada tindakan radikalisme ekstrim dan intoleransi. Dalam dunia seni dan budaya tidak  ada sekat-sekat agama, suku, kelompok-kelompok yang dapat menimbulkan perseturuan.

Dalam  konferennsi PERS juga dihadiri Kepala Bagian Humas Kabupaten Klaten Wahyudi. Dalam kesempatan konferensi PERS ini Wahyudi mengungkapkan agar kegiatan program Dewan Kesenian yang ada 66 macam kegiatan diliput oleh media yang ada di Klaten. Baik media cetak, televisi, media online, dan radio dapat menyampaikan pada khalayak rame. Wahyudi juga mohon lewat gelar seni budaya program Pemerintah  Kabupaten Klaten sampai pada masyarakat. Keberhasilan pembangunan Pemerintah Kabupaten Klaten juga sampai pada masyarakat.

Dewan Kesenian Klaten juga menyampaikan kegiatan seni budaya dalam rangka peringatan hari jadi ke-215 tahun Kabupaten Klaten, dan HUT ke-74 Republik Indonesia. Untuk ini ada 25 kegiatan seni budaya yang akan digelar. Festival ketoprak juga akan digelar yang diikuti seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten. Festival ketoprak akan dilaksanakan pada Senin hingga Jumat (15-19 Juli 2019) di RSPD Klaten.

Dalam kesempatan jumpa PERS ini hadir para wartawan antara lain RCTI, Solo Pos, Yogya TV, Kedaulatan Rakyat, Suara Merdeka, dan media online Warta Kita. Jumpa PERS berjalan sekitar 2 jam. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *