Taman Buah Ngering Menjadi Ajang Silahturakim Keluarga Besar SD Al Hasna

BERITA KLATEN – Kegiatan tahunan family day keluarga besar Alhasna Gondang diselenggarakan di Taman Buah Desa Ngering, Jogonalan, Sabtu (9/11/2019).

Kurang lebih ada 1500-an orang keluarga besar Alhasna Gondang yang dikemas dalam kegiatan Family Day 2019 berkumpul silaturakim di Taman Buah di Desa Ngering. Sejak pagi sekira pukul 07.00 orang tua siswa beserta anaknya yang sekolah di pendidikan anak usia dini (PAUD), TK, dan Sekolah Dasar (SD) Alhasna Gondang sudah berdatangan di area Taman Buah di Desa Ngering, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah. Kedatangannya untuk memeriahkan kegiatan Family Day 2019 sebagai media berkumpulnya untuk silaturahmi keluarga besar Alhasna yang terdiri para siswa, orang tua siswa, dewan guru, dan pengurus Yayasan Alhasna.

Agenda Family Day 2019 ini bertema hidup sehat. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain jalan sehat, pesta kebun, pentas seni, dan donor darah. Semua kegiatan itu diikuti oleh keluarga besar Alhasna, kecuali donor darah. Para siswa PAUD, TK, dan SD Alhasna Gondang tidak mungkin ikut donor darah. Tentunya donor darah hanya diikuti oleh orang tua siswa yang memenuhi persyaratan untuk donor darah.

Kegiatan jalan sehat yang diikuti semua siswa, orang tua siswa, dan para guru berjalan kaki kurang lebih sejauh 1,5km. Route dimulai dari lokasi Taman Buah Desa Ngering menuju ke selatan kemudian belok kanan masuk Kampung Ngering, terus belok utara di tengah kampung, dan terus menuju kembali ke Taman Buah Desa Ngering yang berada di timur jalan besar. Setelah semua peserta Family Day berada di Taman Buah Desa Ngering yang nyaman suasananya dilanjutkan pesta kebun dan pentas seni. Anak-anak peserta didik di bawah  Yayasan Alhasna bersama orang tuanya nampak gembira duduk di bawah pohon buah maupun di bawah tratag yang disediakan oleh pengelola Taman Buah Desa Ngering. Pada saat itu juga kesempatan untuk pentas seni bagi siswa maupun orang tua siswa. Beberapa siswa tampil menari modern dan tradisional. Pada kesempatan itu juga ada siswa bermain di taman buah dengan mengendarai sepeda. Suasana nampak menggembirakan bagi anak-anak peserta didik. Untuk meramaikan pentas seni beberapa orang ibu orang tua siswa juga tampil menari diiringi lagu dan musik.

Nampak hadir di area Taman Buah  Desa Ngering Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Kebonarum Purwanto, Pengawas TK/SD Kebonarum Pur, Pengurus Yayasan Alhasna Sumarjo, dan Kepala Desa Ngering N Rahmanto didampingi Kadus Lilok. Purwanto yang diminta oleh pembawa acara untuk menyampaikan sambutan, dalam kata sambutannya antara lain menyampaikan apresiasinya pada sekolah Alhasna. Purwanto melihat sekolah PAUD, TK, dan SD Alhasna semakin maju. SD Alhasna yang berhasil merebut juara lomba Maksi. Kemudian akan mewakili Kabupaten Klaten maju di tingkat atasnya. Ini bukti SD Alhasna semakin maju.

Kepala Desa Ngering N Rahmanto,  dalam sambutannya ia mengungkapkan pengalamannya ketika masa kecil dulu waktu masa duduk di sekolah dasar. Menurutnya jaman Rahmanto sekolah dasar tidak ada kegiatan semacam Family Day ini. “Sekolah ya hanya di dalam kelas. Kadang kala diajak Pak Guru jalan-jalan. Sekarang perkembangan pendidikan anak dalam belajar dikenalkan seperti di taman buah ini,”ujar Rahmanto.

Kepala Sekolah Dasar Alhasna Gondang Maryanto, ketika diwawancarai wartawan antara lain mengungkapkan kegiatan Family Day ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Giat Family Day ini menjadi kesempatan untuk silaturakim bagi keluarga besar Alhasna. Untuk kegiatan Family Day tahun 2019 ini mengambil tema hidup sehat. Dalam hidup sehat anak-anak peserta didik, menurut Maryanto mesti makam yang beragam gizinya. Salah satunya makan sayiur dan buah. Di Taman Buah Desa Ngering ini anak-anak peserta didik ditunjukkan pohon buah-buahan. Alasan anak di bawa ke Taman  Buah di Desa Ngering, karena di Klaten yang ada taman buah baru di Desa Ngering. Dan menurutnya di taman buah yang ada di Desa Ngering lebih dekat dari Gondang. Selain itu menjangkaunya mudah, berada di pinggir jalan besar. Menurut Maryanto kegiatan Family Day 2019 keluarga besar Alhasna diakhiri sekitar pukul 10.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *