Puasa Menjadikan Umat Islam Sukses Mengendalikan Hawa Napsu

BERITA KLATEN-Umat Islam yang sedang menjalani ibadah puasa pada Bulan Ramadhan diharapkan dapat sukses mengendalikan hawa napsu. Sehingga dapat meningkatkan kadar iman yang Islami.

Demikian diungkapkan oleh Ustad Sukardi dalam menyampaikan tausiah dalam tarweh keliling (Tarling) oleh Muspika Wilayah Kecamatan Klaten Selatan, di Masjid Nurul Jannah Dusun Kemadohan, Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (9/6). Dalam tausiahnya, Ustad Sukardi antara lain juga mengungkapkan dalam menjalani puasa di Bulan Ramadhan ini Umat Islam juga diajak untuk sukses menjalin tali silaturahmi dengan sesama Umat Islam, dan tentunya dengan sesama manusia. Sehingga akan menciptakan hubungan yang harmonis  dalam kehidupan masyarakat. Ustad Sukardi berharap Umat Islam dalam Bulan Ramadhan ini meningkatkan kadar iman Islam dalam kehidupannya. Sehingga dapat menghayati dan mengamalkan ukuwah Islamiyah dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam tarling Muspika di Wilayah Kecamatan Klaten Selatan di Masjid Nurul Jannah di Dusun Kemadohan, Desa Ngalas nampak hadir Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan, Kapolsek Kota Klaten AKP Suyadi, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Klaten Selatan, pejabat Puskesmas Kecamatan Selatan, Kepala UPTD Pendidikan Klaten Selatan Suparjo, para Kades dan perangkat desa di Kecamatan Klaten Selatan, dan para tamu undangan lainnya, serta sekitar 150-an orang Umat Islam di Desa Ngalas. Dalam kesempatan tarling di wilayah Klaten Selatan, Kapolsek Kota Klaten yang baru AKP Suyadi menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya AKP Suyadi mengawali memperkenalkan dirinya. AKP Suyadi sebelumnya bertugas di Polres Klaten menjabat Kasat Sabhara. Dalam sambutannya ia mengarahkan agar Umat Islam di Desa Ngalas agar sangat hati-hati menggunakan telepon selulernya. Ia menegaskan, jaman modern ini telepon seluler atau telepon genggam (HP) yang modern dapat untuk internetan, dapat melihat facebook, twitter, instagram, maupun youtube. Dari media ini yang juga disebut media sosial, semua orang dapat melihat  hal yang diposting di media sosial. Karena itu Umat Islam mesti mengamati dengan cermat yang diposting di media sosial. Karena yang diposting di media sosial juga ada berita bohong atau berita hoak. Selain itu, Suyadi juga berpesan agar Umat Islam tidak mudah membuat status yang diposting di media sosial. Mesti perlu pikir ulang kalau memposting status.

Lebih lanjut, Suyadi juga menginformasikan kondisi keamanan di Kabupaten Klaten. Pada umumnya kondisi di Klaten aman. Dalam menghadapi hari raya Lebaran para ibu-ibu bila bepergian jangan memakai hiasan yang mengundang bagi orang yang ingin berbuat jahat. Rumah bila ditinggal pergi sholat tarweh dipastikan keadaan terkunci.

Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan, pada Berita Klaten mengungkapkan Tarling di Masjid Nurul Jannah di Dusun Kemadohan, Desa Ngalas ini merupakan Tarling Muspika Klaten Selatan putaran ke-2. Tarling putaran pertama dilaksanakan di Desa Tegalyoso, Jumat (2/6) lalu. Tarling putaran ke-3 akan dilaksanakan di Desa Sumberejo, dan Tarling putaran  ke-4 akan dilaksanakan di Desa Merbung. Ia menambahkan, selama Bulan Ramadhan karyawan dan staf Kecamatan Klaten Selatan yang beragama Islam tiap hari Jumat pagi mendapatkan siraman rohani dan berdoa bersama. “Ini untuk meningkatkan kadar keimanan bagi yang karyawan dan staf yang beragama Islam,”tutur Joko Hendrawan.

Dalam kesempatan Tarling  tim Muspika juga ikut sholat Isya Tarweh bersama umat Islam. Dalam Tarling di Masjid Nurul Jannah di Desa Ngalas, tim Tarling Muspika menyerahkan cendera mata pada Taksmir Masjid Nurul Jannah Tri Sunaryo. Dalam kesempatan itu pengurus Ranting Muhammadiyah Desa Ngalas juga menyerahkan tali asih pada Taksmir Masjid Nurul Jannah. Pelaksanaan Tarling di Masjid Murul Jannah berjalan lancar. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *