Festival Ketoprak SD Menakjubkan

BERITA KLATEN-Festival ketoprak sekolah dasar (SD) di SD Kristen 3 Klaten, Jawa Tengah,  penampilannya para pemain cukup menakjubkan, Sabtu (9/9/2017).

Hari Sabtu  tanggal 9 September 2017 ini festival ketoprak dari  SD Negeri 1 Telogowatu, dan SD Negeri 1 Dompol, kedua SD Negeri tersebut dari Kecamatan Kemalang. Kemudian ada 2 SD lagi yang mengikuti festival adalah SD Negeri 2 Ngemplak Seneng, dan SD Kanisius Sidowayah 2. Pentas festival ketoprak SD dimulai pukul 14.00. Festival ketoprak untuk SD sudah dimulai hari Jumat (8/9/2017) lalu.

Penampilan dari semua semuanya cukup menakjubkan. Mereka yang main rata-rata masih kelas 5 SD, tetapi sudah cukup baik berimprovisasi dalam memainkan perannya. Penguasaan panggung untuk melakukan bloking sudah lumayan. Ini yang cukup membanggakan bagi para guru yang ikut mendampingi dalam persiapan untuk mengikuti festival.

Menurut Edy Sulistyanto penggagas diadakannya festival ketoprak pelajar, ia sangat apresiasi pada orang tua siswa yang mendukung anaknya tampil sebagai pemain ketoprak. Kemudian yang menarik lagi, para pengrawit yang mengiringi festival ketoprak SD adalah orang tua siswa. Hal dilakukan oleh SD Negeri 1 Tlogowatu, SD Negeri 2 Ngemplakseneng. Ini yang menyenangkan Edy Sulistyanto. Festival ketoprak anak ini adalah tahun ke-3. Sebelum dilaksanakan festival ketoprak pelajar maupun diselenggarakan workshop. Tujuan diadakannya workshop adalah untuk meningkatkan maupun menyempurnakan kriteria penjurian dari tahun ke tahun. Dengan adanya workshop tersebut akan menaikan kualitas festival ketoprak. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *