Doa Selamatan Lintas Iman Jelang Pekan Suci

BERITA KLATEN – Jelang Pekan Suci di Gereja Katolik SPM Bunda Kristus Paroki Wedi diselenggarakan doa keselamatan yang dilakukan oleh lintas agama di Bale Mandala, Kamis (11/4/2019) malam.

Mengawali doa selamatan, Romo Gonzaga Luhur menyampaikan Umat Katolik di Paroki Wedi akan merayakan pekan suci. Pekan suci akan dimulai Minggu palem yang akan datang. Selanjutnya perayaan Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah, dan Minggu Paskah. Pada malam ini diadakan doa selamatan  dari lintas agama. Dalam doa selamatan dilakukan umat perwakilan dari agama Islam oleh Mirsam, dari agama Hindu oleh Suroso, dari agama Kristen Pendeta Rian Pandu Bagaswara, dan dari agama Katolik oleh AG. Surono.  Dalam doa selamatan yang disampaikan oleh para perwakilan masing-masing agama mohon pada Allah Tuhan agar perayaan selama pekan suci di Gereja Katolik Santa Perawan Maria (SPM) Bunda Kristus Paroki Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dalam keadaan selamat dan berjalan lancar.

Setelah doa selamtan yang dilakukan oleh perwakilan dari masing-masing agama selesai diteruskan pemotongan  tumpeng yang dilakukan oleh Romo Supranowo. Kemudian potongan tumpeng diberikan pada  Camat Wedi Kukuh Riyadi. Selanjutnya diteruskan sambutan dari  Camat Kukuh Riyadi.

Camat Kukuh Riyadi dalam sambutannya antara lain mengungkapkan doa-doa yang telah dilakukan dikabulkan oleh Allah Tuhan. Dalam agama Katolik adanya puasa bergun untuk pengendalian diri. Menjalankan puasa banyk maknanya. Dalam sambutannya Camat Kukuh Riyadi juga respek pada umat Katolik di Wedi. Umat Katolik di Wedi, lanjut Kukuh Riyadi, sudah  melakukan kerja sama dengan pemerintah. Suasana yang sudah ada kerja sama dengan siapa saja terus dijaga kebersamaannya.

Menyinggung tentang Pemilu hari Rabu (17 April) pekan depan,  Camat Kukuh Riyadi  mengajak semua umat ikut mensukseskan  Pemiu  2019. Mengenai hal beda pilihan  boleh saja. Tetapi mesti beda pilihan agar tidak congkrah. Pesannya agar ajaran agama dipedomi oleh semua yang umat.

Hadir dalam doa selamatan  malam ini adalah  Mulyanto wakil  dari Polsek Wedi, anggota dari Koramil Wedi dan dari warga masyarakat  yang ada di sekitar gereja. Hadir juga  Kepala Desa Kalitengah Haryadi,  Kepala Desa Gadungan Cahyo, dan  warga dari Pondok Pesantren Desa Dengkeng. Doa selamatan di Gereja Katolik SPM Bunda Kristus Wedi dihadiri  kurang lebih sebanyak 300-an tamu undangan.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *