TMMD Akan Melengkapi Pembangunan Desa Jimbung

BERITA KLATEN – TNI Manunggal Membangun  Desa (TMMD) reguler 105 tahun 2019 di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten,  adalah kesempatan untuk melengkapi pembangunan di Desa Jimbung.

Demikian yang disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutannya  selaku inspektur upacara  pembukaan TMMD di lapangan yang berada di Dukuh Marangan, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2019) pagi. Lebih lanjut Ganjar Pranowo  dalam sambutannya mengungkapkan kondisi di Desa Jimbung bila ada jalan maupun infra struktur  yang belum baik akan dibangun oleh Tentara Nasional Indonesia dalam program kegiatan TMMD.

Waktu sambutan Gubernur Ganjar Pranowo menyempatkan mengajukan pertanyaan menggunakan bahasa Jawa “Menopo wargo  Deso Jimbung mriki tasih wonten wargo ingkang mboten gadah WC?” (apakah warga di Desa Jimbung masih ada yang belum mempunyai WC?). Ada beberapa orang wanita yang menjawab “wonten”, bahasa Indonesianya adalah ada. Karena ada wanita yang menjawab “wonten” kemudian Ganjar Pranowo menyuruh wanita yang menjawab wonten agar maju ke tengah lapangan mendekat di podium inspektur upacara. Ternyata ada sekitar 11 orang wanita yang maju ke tengah mendekat ke podium inspektur upacara. Dalam kesempatan itu Ganjar Pranowo  melakukan dialog dengan para wanita yang maju ke tengah lapangan. Kebanyakan para wanita yang rumahnya belum punya WC bila buang air besar di sungai.

Dalam laporannya Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Eko Setiawan menyampaikan sasaran kegiatan ada 3 hal, ialah kegiatan fisik, non fisik, dan kegiatan khusus. Kegiatan fisik antara lain membuat jembatan, betonisasi jalan panjang 900 meter, pembangunan talud panjang 470 meter,  rehab rumah ada 10 unit, pembuatan jamban keluarga ada 10 unit, dan rehab tempat ibadah ada 1 unit.

Kegiatan non fisik adalah penyuluhan-penyuluhan dengan materi adalah bela negara, peran Polri dalam mewujudkan Kamtibmas, radikalisme dan penyimpangannya, narkoba, keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja, penyuluhan tentang hukum, dan penyuluhan perlindungan anak dari kekerasan lingkungan.

Untuk kegiatan khusus meliputi kegiatan kesenian dan olah raga, bazar, baksos pelayanan keluarga berencana (KB) kesehatan, baksos pengobatan gratis dan donor darah, serta pelayanan gratis untuk akta, kartu tanda penduduk (KTP), dan kartu keluarga (KK).

Pelaksanaan TMMD reguler ke-105 tahun 2019 pada tanggal 10 Juli hingga tanggal 8 Agustus 2019. Kegiatan TMMD reguler ke-105 ini didukung 1 SSK dari TNI dan dari komponen instansi terkait, serta dari masyarakat.

Dandim Letkol Inf Eko Setiawan juga melaporkan anggaran untuk menunjang kegiatan TMMD ini. Sumber dana ialah dari APBD Provinsi Jateng Rp 190.000.000,- dari APBD Kabupaten Klaten Rp 816.500.000,- dan dari swadaya masyarakat Rp 20.000.000,- jadi total jumlah anggaran Rp 1.026.500.000,-.

Upacara pembukaan TMMD reguler ke-105 tahun 2019 di Lapangan Marangan Desa Jimbung dihadiri Kasdam Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, yang mewakili Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Muhammad Efendi, hadir juga Danrem Surakarta Kolonel Inf Rafael Granada Baay. Selain itu juga hadir Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Kapolres Klaten Aries Andhi, Kajari Klaten Mupahir, para pejabat Pemkab Klaten, dan tamu pejabat lainnya. Upacara pembukaan TMMD tersebut menggunakan Bahasa Jawa. Pelaksanaannya menggunakan Bahasa Jawa ada kesendatan, karena komandan upacara  sempat lupa untuk mengucapkan menggunakan bahasa daerah, Bahasa Jawa.

Untuk memeriahkan acara pembukaan TMMD reguler ke-105 tahun 2019 juga dihibur musik dangdut Putra Dewa dari Jatinom dalam panggung hiburan. Para penyanyi juga dari lokal Klaten.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *