Yayasan IPAS Selenggarakan Workshop Jurnalistik HKSR

BERITA KLATEN – Untuk membeli membekali liputan HKSR Yayasan Inisiatif Perubahan Akses menuju Sehat (IPAS) Indonesia menyelenggarakan workshop jurnalistik hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR) di Hotel Novotel Surakarta, Selasa – Kamis (6-8 Agustus 2019) pekan lalu.

Peserta workshop  jurnalistik HKSR adalah mayoritas wartawan dari beberapa media yang bertugas di Surakarta dan Klaten. Antara lain wartawan Solo Pos, Kedaulatan Rakyat, Kompas.com, reporter Suara Anda, humas RSPD Klaten, TA TV, dan lainnya. Selain wartawan peserta workshop juga ada dari SPEK-HAM, dan perutusan dari Dinas Kesehatan Klaten. Kegiatan workshop liputan Jurnalistik HKSR dipandu oleh Firmansyah. Materi workshop yang diberikan antara lain pengantar HKSR, Menuju kualitas kesehatan reproduksi dan perempuan muda yang lebih baik, HKSR kematian kesakitan ibu, asuhan pasca keguguran, serta jurnalisme HKSR berperspektif gender. Selain mendengarkan presentasi dari para nara sumber  juga dilakukan diskusi untuk membahas materi yang telah diberikan oleh nara sumber. Selain itu juga dilakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Bagas Waras dan Rumah Sakit Islam Aisyiah, kedua rumah sakit tersebut berada di Kabupaten Klaten. Apalagi Yayasan IPAS Indonesia sudah ada MoU (nota kesepahaman) untuk kerja sama dengan Pemerintah Daerah Klaten, dalam hal ini Dinas Kesehatan Klaten.

Dalam workshop HKSR  dibahas antara lain pemahaman mengenai hak dan kesehatan seksual dan reproduksi. Hak seksual adalah membahas berfokus pada hak asasi manusia terkait aspek seksualitas yang mencakup orientasi seksual, identifikasi gender, perilaku seksual, dan kesehatan seksual. Ini berimplikasi juga pada budaya, religius, sosial, politik, dan hukum. Kemudian hak reproduksi perempuan mencakup hak-hak seputar fungsi dan proses reproduksi seperti kesuburan, informasi kesehatan reproduksi, pemilihan alat kontrasepsi, bentuk keluarga, dan menentukan berapa anak, kapan memiliki anak, serta jarak anak.

Nara sumber workshop jurnalistik HKSR dari Yayasan IPAS  adalah Dokter Maria Soumokil, Ayu Ajiasmoro, dan Shera Rindra.  Firmansyah selain moderator  workshop juga sebagai nara sumber. Nara sumber lainnya Yeni dari Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dan dari SPEK-HAM.

Peserta workshop jurnalistik HKSR dibagi 2 kelompok untuk melakukan sesi kunjungan ke rumah sakit pada hari ke-3. Satu kelompok berkunjung ke Rumah Sakit Islam Aisyiah, kelompok  lainnya berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras. Dua-duanya rumah sakit itu berada di Klaten. Di dua rumah sakit tersebut peralatan dasar sudah ada. Seperti kebutuhan untuk persalinan, dan yang mengalami keguguran. Waktu melakukan kunjungan di RSUD Bagas Waras dan RS Islam Aisyiah diterima oleh pimpinan rumah sakit tersebut. Di masing-masing rumah sakit itu peserta mengunjungi di ruang pelayanan dan ruang poli kandungan dan persalinan.

Para wartawan untuk lebih komprehensif seusai mengikuti workshop jurnalistik HKSR diminta membuat berita liputan workshop tersebut. Firmansyah juga menghimbau pada wartawan agar membuat berita yang mendalam. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *