Dari Kecamatan Karanganom Aplikasi Digital Desa Dilaunching

BERITA KLATEN – Aplikasi digital untuk mengembangkan pelayanan pemerintah desa diawali dari festival dana desa digital di halaman Kantor Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2019).

Festival digital untuk pelayanan pemerintah desa pada masyarakat diikuti oleh petugas-petugas se Kabupaten Klaten yang berhubungan dengan pemerintah desa. Petugas-petugas yang berhubungan dengan desa adalah kasi pemerintahan, kasi PMD, pendamping desa, pendamping desa, para kades dan BPD se Kecamatan Karanganom.

Festival dana desa dan digital dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Klaten Jaka Purwanto ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, Jaka Purwanto antara lain mengungkapkan dana desa yang digunakan untuk pembangunan desa dan untuk pengembangan aplikasi digital desa. Dengan kemajuan informasi teknologi dapat untuk melihat kemajuan desa menggunakan aplikasi.

Salah seorang panitia festival dana desa dan digital Ninda yang ditemui Berita Klaten antara lain mengungkapkan dari Desa Kunden, Kecamatan Karanganom yang sudah menggunakan aplikasi digital di seluruh desa Kecamatan Karanganom, selanjutnya menuju Klaten smart city. Ninda menambahkan, dalam kesempatan festival dana desa dan digital sejumlah 19 desa di Kecamatan Karanganom mendirikan stand menjajakan produk-produk UMKM-nya.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani setelah menghadiri TNI Manunggal Mandiri di Karangdowo langsung menuju Kantor Desa Kunden, Karanganom. Sampai di Kantor Desa Kunden Sri Mulyani terus menandatangi stand-stand masing-masing desa. Hj Sri Mulyani nampak antausias mengamati stand-stand yang ada di halaman Kantor Desa Kunden. Hj Sri Mulyani juga sempat melihat profil desa-desa di Kecamatan Karanganom menggunakan aplikasi digital.

Camat Karanganom Samodra menjawab pertanyaan wartawan, ia mengatakan pada festival dana desa dan digital ini merupakan awal dimulainya aplikasi digital untuk semua desa di Kecamatan Karanganom. Menurutnya, menyitir yang diungkapkan Bupati Sri Mulyani Kecamatan Karanganom menjadi rol model penggunaan aplikasi digital untuk desa-desa di Kabupaten Klaten.

Kabid Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Klaten Ali menuturkan pada wartawan kesempatan adalah mengawali penggunaan aplikasi digital. Tehnologinya akan ditingkatkan kemampuan perangkatnya. Desa-desa yang belum lengkap perangkatnya akan dilingkan di Kecamatan Karanganom. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *