Pengamanan Pilkades Kabupaten Klaten Dibackup Brimob

BERITA KLATEN-Untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Klaten, Jateng Rabu (13/3/2019), Polres Klaten selain dibackup dari 5 polres se Solo raya, juga dibantu 2 kompi satuan Brimob.

Hal itu dikatakan Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi ketika diwawancarai wartawan sehabis apel gelar pasukan pengamanan Pilkades di alun-alun Klaten, Selasa (12/3/2019) pagi. Untuk pengamanan Pilkades di Kabupaten Klaten selain dibackup 2 kompi Brimob dan Dalmas Polres se Solo Raya, juda didukung Dalmas dari Polda Jawa Tengah.  Dukungan kekuatan untuk pengamanan Pilkades ditempatkan di 6 rayon. Backup setiap rayon akan membawahi 4 polsek. Jarak dari rayon menuju wilayah polsek sudah diperhitungkan tidak jauh jangkauannya.  Enam rayon adalah Rayon Prambanan,  Rayon Kota, Rayon Bayat, Rayon Jatinom, Rayon Jogonalan , dan Rayon Jatinom.

Bertindak selaku inspektur apel gelar pasukan dalan rangka pergeseran pasukan pengamanan Pilkades gelombang 2 tahun 2019 Kabupaten Klaten adalah Kapolres Klaten AKBP aries Andhi.  Dalam sambutannya, Aries Andhi antara lain mengungkapkan agar Polri dan TNI bersikap netral.  Tidak memihak pada calon kepala desa tertentu.  Bila ada pelanggaran yang mengganggu keamanan agar ditindak. Iya juga menginstruksikan pada calon kepala desa yang terpilih agar terus meninggalkan tempat pemilihan pulang ke rumahnya.  Selain itu juga dilarang melakukan konvoi sepeda motor.

Dalam apel gelar pasukan pengamanan pilkades di Alun-alun Klaten dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Dandim Klaten Letkol Eko Prasetyo, perwakilan Dodik Latpur, Kejari Klaten Mupahir,  Assisten Bupati Ronny Roekmito dan Sri Winoto,  Pejabat Pemkab Klaten lainnya, beberapa camat, dan tamu undangan lainnya.  Selesai apel gelar pasukan pengamanan pilkades gelombang 2 kemudian Bupati Sri Mulyani memotong tumpeng diserahkan pada Kapolres Klaten Aries Andhi dan Dandim Klaten Eko Prasetyo. Yang menarik kemudian dilakukan sarapan pagi bersama di tengah alun-alun, duduk dengan alas karpet maupun ada anggota polri dan TNI yang duduk di atas rumput alun-alun. Semua  nampak gembira ketika sarapan pagi bersama.

Peserta yang mengikuti apel gelar pasukan pengamanan pilkades gelombang 2 adalah TNI, semua satuan Polri, Dishub, dan Satpol PP.  Pada apel gelar pasukan pengamanan itu juga dilakukan penempatan pasukan beckup ke tempat yang sudah ditentukan.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *