Rekrutmen Pembina Selenggarakan KMD

Untuk menambah pembina gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) di semua jenjang sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten bekerja sama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Klaten menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD). KMD diikuti 80 orang guru dilaksanakan di Kwarcab Klaten dan di SMP Pangudi Luhur Klaten, Senin s/d Sabtu (9-14/11).

Salah seorang staf bagian PRP Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Parman, ketika dikonfirmasi lewat telepon genggam temannya, Kamis (12/11) siang, Parman mengatakan dari 80 orang guru peserta KMD, antara lain terdiri dari 55 orang guru sekolah dasar (SD), 17 orang guru sekolah menengah pertama (SMP), dan 8 orang guru SLTA (SMA dan SMK). Lebih lanjut ia menuturkan, latar belakang diadakannya KMD adalah untuk merekrut pembina Pramuka yang punya sertifikat kursus mahir dasar. “Karena ini kaitannya dengan kegiatan Pramuka merupakan ekstra wajib yang harus dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013. Pembina Pramuka sesuai kurikulum Pramuka harus mempunyai sertifikat KMD. Dan ini merupakan intruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Biaya untuk penyelenggaraan KMD juga dari anggaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah,”ujar Parman.

Ka Pusdiklat Kwarcab Klaten Agus Widodo, ditemui di lokasi perkemahan KMD mengatakan pelaksanaan KMD hari Senin s/d. Rabu penyampaian materi teori dilaksanakan di markas Kwarcab Klaten yang berada di Jalan Cemara Klaten. Sedangkan materi praktek dengan pelaksanaan kemah diberikan di komplek SMP Pangudi Luhur Klaten yang berada di Jalan DR Wahidin Sudiro Husada hari Kamis s/d Sabtu. Agus Widodo menegaskan KMD tetap dilaksanakan sesuai ketentuan selama 6 hari. Karena ini kurikulum pelatihan KMD yang sudah dibakukan. Agus menegaskan dalam penyelenggaraan KMD ini Kwarcab Klaten sebagai pelaksana. Harapannya, gerakan Pramuka yang didukung oleh Dinas Pendidikan ini hendaknya juga membangunkan giat Pramuka yang ada Kwaran se Kabupaten Klaten. Para guru yang sudah mengikuti KMD mestinya menjadi penggerak untuk kelompok siaga, penggalang, maupun penegak.

Melalui gerakan Pramuka adalah menjadi media untuk mempersiapkan generasi muda yang akan mengisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan kegiatan Pramuka menjadi sarana untuk mendidik generasi muda untuk berlatih menjadi pemimpin, belajar disiplin, juga untuk berlatih mandiri. Gerakan Pramuka juga untuk membangun kharakter bagi anak muda. Lembaga sekolah adalah tempat yang pas untuk tetap mengembangkan pembinaan Pramuka. Kegiatan Pramuka perlu disiapkan kurikulum yang sudah ditentukan dalam gerakan Pramuka. Pelatih dalam KMD adalah para pelatih dari Kwarcab Klaten.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *