Pelayanan pajak kendaraan bermotor oleh Samsat Keliling di Kantor Kecamatan Wedi. (p.kus)

Samsat Keliling Melayani Pajak 1 Menit Rampung

WEDI (BK). Samsat keliling  melayani warga masyarakat untuk pajak sepeda motor  maupun mobil mengutamakan kepuasan bagi wajib pajak.  Untuk itu dalam waktu  1 menit sudah  rampung.

Demikian  diungkapkan oleh salah seorang petugas Samsat keliling Kabupaten Klaten Devi Buana di sela-sela melayani wajib pajak bertepatan jadwalnya di komplek Kantor Kecamatan Wedi, Sabtu (12/3).  Pelayanan pajak motor maupun mobil  bertepatan jadwal di Wedi  jumlah wajib  pajak dapat mencapai  kurang lebih 200-an wajib pajak.  Saat pelayanan pajak kendaraan motor di Wedi  sampai pukul 12.00. Wajib pajak yang datang di layanan Samsat keliling ketika  di Wedi ada dari Wedi, Jogonalan,  Gantiwarno, juga dari Klaten Selatan.

Beberapa orang wajib pajak kendaraan yang datang di Samsat keliling pas di Wedi mengatakan merasa puas dan senang. Karena tempatnya lebih  dekat dari rumahnya.  Dan yang dirasakan oleh  para wajib pajak lebih cepat pelayanannya.  Sekretaris Desa Dengkeng Hariyanto,  pada wartawan Berita Klaten yang berada di lokasi komplek  Kecamatan Wedi  mengatakan  merasa puas dan senang, karena pelayanan pajak kendaraan lewat samsat keliling  sangat cepat, dan lancar. Sehingga  pelayanan yang prima begini menyenangkan bagi wajib pajak kendaraan.



Petugas Samsat keliling di Kabupaten Klaten  ada 3  personel, ialah  Devi Buana dari Dipenda Propinsi Jawa Tengah, Briptu Johan Permana dari kepolisian satuan lalu lintas, dan Atikah Rahmadani dari instansi Jasa Raharja. Mereka setiap hari bertugas di Samsat Keliling dengan menggunakan mobil Suzuki  APV  untuk operasional  pelayanan pajak. Jenis kendaraan roda 4 ini yang tergolong kecil dan ruangan nampak sempit. Sehingga kelihatan tempat untuk melayani wajib pajak terasa kurang nyaman bagi petugas Samsat Keliling. Indikatornya, tempat duduk yang pendek, peralatannya memenuhi ruangan, sehingga gerak tubuhnya terbatas dan ekstra hati-hati. Kaki karena kursinya pendek lalu tidak dapat meluruskan kaki sekedar untuk sepintas menghilangkan penat capeknya kaki.

Penyelenggaraan  layanan Samsat Keliling  diawali pada tahun 2014.  Samsat Keliling hanya melayani pajak tahunan. Menurut Johan Permana  syarat  wajib pajak yang dilayani Samsat Keliling adalah STNK  asli, KTP asli, dan tanda pembayaran  pajak terakhir. Devi Buana menegaskan standart pelayanan pajak 5 menit sudah selasai.  Namun dalam waktu  1 menit   dapat rampung   bila sinyal server  bagus dan uang pembayaran pajak berupa uang pas.  Menurut Johan Permana jadwal layanan Samsat Keliling adalah hari   Senin di Bayat, Selasa  di Cawas,  hari Rabu di Pedan, Kamis di Trucuk, lalu hari Jumat di Jatinom, Sabtu di Wedi,  dan Minggu di depan Matahari pas bertepatan dengan car free day. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *