Ujian Sekolah SD/MI Diikuti 18.184 Siswa

Ujian sekolah dasar (SD) di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah diikuti 18.184 siswa SD/MI. Ujian sekolah/MI akan diselenggarakan Senin s/d SAbtu (18-23 Mei) Distribusi naskah soal rencana dilaksanakan Sabtu (16/5) ke seluruh UPTD Pendidikan.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi pendidikan Taman Kanak-kanak/Sekolah Dasar (TK/SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Suroyo, ketika ditemui di kantornya, Selasa (12/5) lalu. Lebih lanjut Suroyo menjelaskan, mengenai soal ujian sekolah SD / MI, dan SD luar biasa dicetak di Maston Grafi. Karena percetakan Maston Grafi sebagai pemenang tender pencetakan naskah soal ujian sekolah SD/MI. Menurut Suroyo, skedul yang sudah disusun ialah hari Jumat pagi buta berangkat mengambil naskah soal ujian ke percentakan Maston Grafi Semarang. Diusahakan sore hari sudah sampai Klaten, kemudian Sabtu (16/5) pagi naskah soal ujian sudah didistribusikan ke masing-masing kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan. Mata pelajaran pokok yang diujikan Senin (18/5) Bahasa Indonesia, Selasa (19/5) Matematika, Rabu (20/5) IPA. Selanjutnya, hari Kamis sampai dengan Sabtu mata pelajaran yang diujikan antara lain PPKn, Agama, IPS, Bahasa Inggris, dan Bahasa Daerah.

Mengenai pembobotan nilai, Suroyo belum memberi penjelasan. Kalau mengacu pengalaman tahun lalu, menurut Suroyo ada petunjuk ketika akan menulis nilai pada ijazah. Ditegaskan Suroyo dalam petunjuk operasional (POS) belum ada pembobotan nilai. Tentunya untuk kelulusan siswa nilai semesteran 7 hingga semester 11 mesti dihitung juga.

Dewan guru mestinya sudah menentukan standart kelulusan. Secara umum untuk menentukan kelulusan, siswa mesti mempunyai nilai raport sejak kelas I hingga kelas VI. Kermudian untuk nilai sikap, minimal nilai sikap siswa adalah nilai B. Tentunya dalam membuat standart kelulusan, kepala sekolah bersama guru kelas 6 harus, teliti, dan bijaksana.

Menyinggung sekolah dasar luar biasa (SD LB) yang menyelenggrakan ujian adalah SD LB kategori A (tuna netra), kategori B (tuna rungu), dan kategori D (tuna wicara). Sekolah Dasar luar biasa di Kabupaten Klaten antara lain di Desa Trunuh, Klaten Selatan, di Kecamatan Manisrenggo, Kecamatan Gantiwarno, dan di Kecamatan Cawas. Untuk pengumuman kelulusan siswa SD rencana diumumkan tanggal 26 Juni.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *