Misa Perayaan Minggu Palma Di Gereja Wedi Diawali Pemberkatan Palma

BERITA KLATEN – Misa Perayaan Minggu Palma di Gereja Katolik Santa Perawan Maria (SPM) Bunda Kristus Paroki Wedi diawali dengan pemberkatan daun palma yang dibawa umat Katolik, Minggu (14/4/2019).

Perayaan Misa Minggu Palma pagi di Gereja Katolik di wilayah Kecamatan Wedi, Klaten, Jawa Tengah dihadiri kurang lebih sejumlah 1000-an umat Katolik. Misa perayaan Minggu Palma pagi hari dipimpin oleh Romo AG Luhur Prihadi Pr.  Prosesi perarakan yang diawali pemberkatan daun palma dilakukan di tempat selepan (penyosohan beras) Makmur yang ada di Dukuh Murukan, Desa Kalitengah. Selesai pemberkatan daun palma kemudian arakan menuju Gereja untuk mengenang Yesus waktu masuk Kota Yerusalem yang dielu-elukan orang Israel. Arakan jalan kaki menuju gereja kurang lebih menempuh jarak sejauh 500 meter. Umat Katolik dengan membawa daun palma, atau daun pakis untuk simbol ikut mengelukan Tuhan Yesus

Dalam liturgi Gereja Katolik setelah arakan memasuki gereja kemudian dilanjutkan ibadat sabda. Selesai pembacaan pasio (kisah sengsara Yesus) dilanjutkan homili atau kotbah singkat.

Perayaan Misa Minggu Palma merupakan awal memasuki pekan suci. Dalam pekan suci yang dimulai pada Minggu Palma, 4 hari kemudian masuk Kamis Putih, terus Jumat Agung, Malam Paskah, dan berakhir Minggu Paskah pada pagi hari.

Romo  Luhur  Prihadi mengakhiri Misa Minggu Palma juga membacakan surat dari Bapa Uskup Mgr Robertus Rubiyatmoko. Isi suratnya mengenai agar umat Katolik menggunakan hak pilihnya yang cerdas dan bijak. Pesannya jangan golput.(ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *