Mustikaning Senopati Majapahit Memeriahkan Bersih Dukuh Kemiri

BERITA KLATEN-Bersih Dukuh Kemiri di Desa Kemiri, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dimeriahkan dengan pentas kethoprak dengan lakon Mustikaning Senopati Majapahit, Jumat (14/9/2018).

Pentas kethoprak lakon Mustikaning Senopati Majapahit dimainkan oleh gabungan para wartawan yang bertugas di Klaten, Humas Pemkab Klaten, dan beberapa personil alumni FKP Klaten. Selain itu, kegiatan bersih Dukuh Kemiri mendapat dukungan dari Amigo Fashion, anggota DPR dari Fraksi Golkar Endang Sri Karti Handayani, Omah Wayang, dan lainnya. Sehingga pentas kethoprak tersebut cukup berhasil untuk menghibur warga masyarakat Dukuh Kemiri, di Desa Kemiri, Kecamatan Tulung, Klaten.

Warga masyarakat Dukuh Kemiri yang menyaksikan pentas kethoprak cukup banyak, dan warga masyarakat nampak gembira melihatnya. Apalagi kalau mendengar dialog¬† pemain ketoprak tersendat karena lupa. Hal itu menimbulkan “geeerrr tertawa” para penonton. Ketika adegan dagelan pemerannya salah satunya adalah Camat Tulung Rohmad Sugiarto yang memerankan Sabdo Palon menimbulkan tertawa ger-geran para penonton. Maka pentas kethoprak dengan lakon Mustikaning Senopati Majapahit sukses memeriahkan bersih Dukuh Kemiri, berhasil menghibur warga masyarakat Desa Kemiri.

Personil yang terlibat dalam pentas kethoprak lakon Mustikaning Senopati Majapahit dari Humas Pemkab adalah Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono berperan sebagai Menak Koncar, Paidi berperan Dewagung Walikromo, dan Vevia Teriana memerankan Puyengan.

Para wartawan adalah Joko Sarjono berperan sebagai Watangan, Jimbling Supriyadi berperan Minakjinggo, Sudirin sebagai tokoh Dayun, Sumarji memerankan Jurumuka, Isnaeni memerankan Patih Logender, Karyana sebagai Layang Seto, Andy Agatha memerankan Layang Kumitir, Yanto Hari memerankan Damarwulan, lainnya Suwito Tanoyo, Fadli Asidik, Heksa, Rina Candik Ayu, dan Hilal. Kemudian dari alumni festival ketoprak pelajar (FKP) antara lain Erin Andita berperan sebagai Ratu Kencono Wungu, Winda Garneta sebagai Waito.

Pendukung untuk penata iringan adalah Suwito Radyo, karawitan dari Cahyo Laras. Pementasan kethoprak lakon Mustikaning Senopati Majapahit disutradarai oleh Jolo Krisnanto dari Omah Wayang yang ada di Klaten Selatan.

Dalam pagelaran budaya gebyar kemerdekaan nampak hadir di kursi undangan Camat Tulung Rohmad Sugiarto, Kapolsek Tulung AKP Suyarta, Danramil Tulung Kapten Trijoko, Endang Sri Kertati Handayani, perwakilan dari Dinas Budparpora Klaten, Korwil Pendidikan Tulung Mulyono, Kades Kemiri Juremi, dan tamu undangan lainnya.

Untuk memeriahkan pagelaran budaya gebyar kemerdekaan tidak hanya pentas ketoprak, namun juga ada pentas wayang pada Sabtu (15/9/2018) malam nanti. Pentas wayang dilakukan oleh dalang Ki Harno dengan lakon Pandowo Pitu. Beberapa orang warga Kemiri yang ditemui Berita Klaten.com mengatakan senang menikmati hiburan pentas kethoprak dan wayang. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *