Apel persiapan ujian sekolah di SD Negeri 1 Tonggalan. Camat memberi arahan pada siswa kelas 6. (p.kus)

Camat Widayatna Monitoring Ujian SD

KLATEN TENGAH (BK). Untuk monitoring ujian sekolah dasar (SD) hari pertama Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan  Klaten  Tengah Muhammad Isnaeni melibatkan Camat Klaten Tengah Widayatna.  Senin (16/5). Kali pertama melakukan monitoring di SD Negeri 1 Tonggalan, SD Muhammadiyah Tonggalan, SD Negeri 3 Klaten, dan SD Negeri 4 Klaten.

Rombongan  monitoring antara lain Camat Widayatna, Muhammad Isnaeni, Pengawas Klaten Tengah Mulyadi, dan Kepala Tata Usaha Nur. Kali pertama datang di SD Negeri 1 Tonggalan. Ketika  datang di SD Negeri 1 Tonggalan para murid kelas 6 sedang melakukan apel persiapan menghadapi ujian sekolah. Dalam kesempatan apel tersebut Camat Klaten Tengah  Widayatna memberi  arahan pada para siswa yang akan mengikuti ujian sekolah.  Dalam arahannya Camat Widayatna antara lain mengatakan para siswa dalam mengikuti ujian perlu konsentrasi yang fokus untuk ujian. Selama ujian  tiga hari ini anak-anak tekun  belajar. Selain tekun belajar anak-anak agar juga banyak berdoa, mohon pada Tuhan agar diberi terang dan sehat.

Setelah mendengarkan arahan dari Camat Widayatna, kemudian dilakukan doa bersama yang dipimpin Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan  Klaten Tengah  H. Muhammad Isnaeni.  Setelah berdoa apel persiapan ujian sekolah diakhiri kemudian  Camat Widayatna, H.Muhammad Isnaeni dan para guru memberi doa restu dengan menyalami para siswa kelas 6.  Kepala SD Negeri Tonggalan Suyanto pada Berita Klaten mengatakan jumlah siswa SD Negeri 1 Tonggalan yang mengikuti ujian ada 71 siswa.

Siswa SD Muhammadiyah Tonggalan sedang apel persiapan ujian sekolah. (p.kus)
Siswa SD Muhammadiyah Tonggalan sedang apel persiapan ujian sekolah. (p.kus)

Setelah monitoring di SD Negeri 1 Tonggalan rombongan Camat Widayatna kemudian menuju di SD Muhammadiyah Tonggalan. Sesampainya di lokasi SD Muhammadiyah Tonggalan para siswa sedang  apel persiapan ujian sekolah di halaman SD setempat. Camat Widayatna  juga  menyampaikan arahan pada  para siswa kelas 6 yang ujian sekolah.  Jumlah murid SD Muhammadiyah  yang mengikuti ujian ada 58 siswa. Kepala SD Muhammadiyah Tonggalan Sihono juga memberi arahan pada siswa kelas 6 agar dalam  mengerjakan  soal ujian penuh kecermatan. “Gunakan waktu  sebaik mungkin,”pesan  Sihono.

Selesai monitoring SD Muhammadiyah kemudian rombongan menuju ke SD Negeri 3 Klaten. Ketika rombongan monitoring memasuki pintu gerbang SD Negeri 3 Klaten sudah disambut oleh pengampu Kepala SD Negeri 3 Klaten Sriati, beberapa guru, dan Lurah Klaten Aris Fitrianto.  Di SD Negeri 3 Klaten Camat Widayatna didampingi Isnaeni menyempatkan melihat ruang ujian sekolah dari luar. Menurut salah seorang guru jumlah siswa peserta ujian ada 85 siswa. Kemudian di SD Negeri 3 Klaten digabungi peserta ujian dari  SD Speak First jumlahnya ada 13 siswa.

Terakhir rombongan monitoring melakukan monitoring di SD Negeri 4 Klaten. Lokasi  Negeri 4 Klaten ada di Kampung Sekalekan.  Menurut Kepala SD Negeri  4 Klaten Sri Wiyani jumlah siswa kelas 6 ada 36 anak. Terdiri  siswa putri ada 17 anak, dan siswa putra ada 19.

H Muhammad Isnaeni pada Berita Klaten mengatakan  di Kecamatan Klaten Tengah jumlah SD (sekolah dasar) ada 28.  Kemudian jumlah siswa peserta ujian sekolah tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 1035 siswa.  Prosentase materi  soal ujian antara lain  35%  kelas IV, 35% kelas V, dan 30% kelas VI.  Untuk mempersiapkan ujian sekolah sudah dimulai sejak siswa kelas IV.  Menurut pengakuan Camat Widayatna, baru kali ini ia dilibatkan mengikuti monitoring ujian sekolah. Ia merasa senang dan bangga ikut monitoring pelaksanaan ujian sekolah dasar. Ia berharap agar  ujian sekolah dasar tahun 2016 ini berjalan lancar dan hasilnya memuaskan.

“Saya merasa senang dan bangga  dilibatkan mengikuti monitoring ujian sekolah dasar.  Semoga hasil nilai anak bagus dapat masuk jenjang SMP yang diharapkan anak didik,”ujar Widayatna. (ksd)

Camat Widayatna Melihat ruang ujian di SD Negeri 3 Klaten dari luar. (p.kus)
Camat Widayatna melihat ruang ujian bagi peserta ujian yang gabung  di SD Negeri 3 Klaten dari luar. (p.kus)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *