Para Kades Dilantik Diberi Payung Songsong Agung

BERITA KLATEN – Sejumlah 268 kepala desa (Kades) dilantik Bupati Klaten Hj Sri Mulyani di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (16/5/2019) pagi tadi. Para Kades yang terlantik diberi payung songsong agung.

Para Kades yang dilantik adalah yang menang Pilkades serentak yang dilaksanakan tanggal 13 Maret 2019 lalu. Sejumlah 268 orang Kades di seluruh Kabupaten Klaten yang dilantik tadi adalah Kades petahana ada 135 orang Kades. Kemudian Kades baru ada 133 orang. Dari jumlah 268 orang Kades, Kades pria ada 250 orang, dan Kades  putri ada 18 orang. Semua Kades yang dilantik hari Kamis (16/5/2019) ini mendapat surat keputusan (SK) Bupati Klaten Hj Sri Mulyani tahun 2019 s/d  2025.

Payung songsong agung yang dipasang di  dekat tempat duduk para Kades setelah upacara pelantikan  diberikan pada para Kades agar dibawa pulang. Payung songsong agung itu sebagai simbol mengayomi untuk semua warga, meski waktu Pilkades tidak memilih Kades yang dilantik ini.  Karena itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain menegaskan agar Kades yang terpilih secara demokratis agar benar-benar mengayomi warganya. Waktu Pilkades meski tidak memilih atau tidak mendukung agar juga dilayani. Diperlakukan sama, jangan dibedakan.

Lebih lanjut Hj Sri Mulyani mengatakan kepala desa sebagai pengayom harus amanah, jujur, dan adil.  Jangan sampai meninggalkan warga dalam berembug. Hj Sri Mulyani juga mengingatkan falsafah atau pitutur  Jawa dari para sesepuh, ialah pemimpin harus rumekso, rumasuk, rumesep, lan rumongso. Pesannya agar payung songsong agung sebagai simbol ngayomi selalu diingat dan diperhatikan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji para kepala desa pada Pilkades serentak tahap II di Pendopo Pemkab Klaten dihadiri pejabat Forkompinda Klaten, dan juga para pejabat Pemkab Klaten. Tamu undangan kurang lebih 3000-an orang terdiri dari  BPD, pendukung Kades yang menang, isteri atau suami Kades terpilih, dan lainnya. Pengamanan dilakukan oleh Polres Klaten.  Pelaksanaan pelantikan para Kades yang berakhir sekitar pukul 12.00 keadaan aman, kondusif, dan berjalan lancar. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *