SD Negeri 1 Bareng Lor Capai Peringakat 1

Hasil nilai ujian sekolah (US) SD Negeri 1 Bareng Lor untuk kategori sekolah negeri mendapat peringkat 1 se Kecamatan Klaten Utara. Di tingkat Kabupaten Klaten, juga kategori sekolah negeri, Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Bareng Lor memperoleh peringkat 22.

Demikian diungkapkan Kepala SD Negeri 1 Bareng Lor Th Wiwik Dwi Astuti ketika menyampaikan sambutan dalam upacara wisuda siswa kelas 6 yang telah lulus ujian sekolah (US) di halaman SD setempat, Rabu (17/6) pagi. Di hadapan 41 siswa kelas 6 yang berhasil lulus US, dan di hadapan para orang tua siswa yang hadir di SD Negeri 1 Bareng Lor, Th Wiwik Dwi Astuti yang biasa disapa Ibu Wiwik mengungkapkan persembahannya pada para siswa, khususnya siswa kelas 6 dan para orang tua siswa yang berhasil meraih peringkat memuaskan. Kedepan Ibu Wiwik akan terus berupaya agar dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga peringkat SD Negeri 1 Bareng Lor meningkat di tingkat Kabupaten. Dikatakan nilai US paling tinggi 268 yang diraih Sefa R

Dalam kesempatan wisuda siswa kelas 6 yang telah lulus dan momentum kenaikan kelas, digelar pentas seni dalam rangka kenaikan dan kelulusan. Dalam pentas seni ini para siswa mengekspresikan multi talenta dan wujud nyata nguri-uri Kabudayan Jawi. Karena dalam pentas seni, siswa-siswi SD Negeri 1 Bareng Lor mementaskan ketoprak dengan dengan lakon Perang Bubat. Selain pentas ketoprak juga ditampilkan siswa yang main musik, tari jawa maupun tari modern, vokal, dan lainnya.

Pementasan ketoprak dengan lakon Perang Bubat ini menceritakan tokoh Gajahmada yang dinobatkan Patih Majapahit. Gajahmada yang mempunyai sumpah Hamukti Palapa ialah ingin menyatukan Nusantara. Dalam perjuangannya menyatukan Nusantara banyak rintangan. Sampai sekarang sumpah Palapa Gajahmada menjadi cita-cita bangsa saat sekarang untuk memajukan Negara Indonesia yang luas ini.

Dalam pementasan ketoprak Perang Bubat, para siswa-siswi SD Negeri 1 Bareng Lor yang ikut main ketoprak cukup lumayan. Infrovisasi dalam dialog sudah lumayan baik. Dialog dagelan yang dimainkan oleh seorang siswi sudah hidup. Lontaran kata-kata maupun kalimat juga membuat geli penonton. Dengan demikian, kreativitas siswa-siswi SD Negeri 1 Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah layak diperhitungkan.

Kegiatan pentas seni dalam rangka kenaikan dan kelulusan ini atas ide gagasan para orang tua murid. Sehingga konsekwensinya para orang tua murid mau cucul (mengeluarkan) dana dengan suka rela untuk mendukung suksesnya pentas seni ini. Ketua Komite SD Negeri 1 Bareng Lor Raden Sujana dalam sambutannya menyatakan bangga atas perolehan peringkat 1 se Kecamatan Klaten Utara untuk kategori SD negeri. Raden Sujana juga mengatakan biaya untuk kegiatan pentas seni dalam rangka kenaikan dan kelulusan ini tidak menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Senada dengan Kepala SD Negeri 1 Bareng Lor Th Wiwik Dwi Astuti, Raden Sujana mengungkapkan pentas seni dalam momen kenaikan dan kelulusan menjadi agenda tahunan. Kegiatan ini didukung oleh orang tua murid. Pantauan para orang tua murid, para guru di SD Negeri 1 Bareng Lor bekerja penuh semangat dalam mendidik para siswanya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *