Desa Tegalmulyo Melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan NKRI Mandiri Ke-3

BERITA KLATEN-Pemerintah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, yang berada di lereng Gunung Merapi mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (RKNI) secara mandiri yang ke-3 di Lapangan Sapu Angin, Jumat (17/8/2018)

Mengadakan peringatan upacara kemerdekaan NKRI  secara mandiri ke-3 di Desa Tegalmulyo ini bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-73 NKRI. Upacara peringatan HUT ke-73 NKRI di Desa Tegalmulyo diikuti kurang lebih 500-an orang. Dari jumlah  peserta upacara tersebut antara lain terdiri dari organisasi massa dan organisasi yang lain. Ormas maupun organisasi yang mengikuti upacara antara lain Banser, Kokam, LPB Muhammadiyah, Pokoso, Karang Taruna, Togatomas, Linmas, ketua RW dan ketua RT, kelompok tani, OSiS SD, Sibat, TSD, TSD, MSB, relawan, Senkom, Sapu Angin Resciu. Kemudian yang duduk di kursi undangan adalah sesepuh togatomas, para guru, mahasiswa, dan tamu undangan lainnya.

Para petugas upacara didominasi oleh warga Desa Tegalmulyo. Antara lain, petugas inspektur upacara Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno, protokol dan ajudan adalah Perangkat Desa Tegalmulyo, pengibar bendera tiga pemudi adalah Wulan Merdeka Wati, Nyartini, Dwi Nuryanti ketiga pemudi ini alumni SMK Wasis Jogonalan. Kemudian komandan pleton, serta pembaca UUD 1945 adalah warga Desa Tegalmulyo, Sedangkan yang bertugas sebagai Komandan Upacara adalah Serma Sumarna anggota Koramil Kemalang. Upacara peringatan HUT ke-73 NKRI di Desa Tegalmulyo dimeriahkan oleh paduan suara ibu-ibu, menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika pengibaran bendera merah putih, dan menyanyikan lagu hari merdeka.

Suasana pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-73 NKRI di Desa Tegalmulyo nampak pemandangan yang indah. View Gunung Merapi nampak indah karena cerahnya matahari dan tidak tertutup oleh awan. Sehingga bendera merah putih yang berkibar nampak indah dengan latar belakang Gunung Merapi.

Dalam amanat sambutan upacara hari ulang tahun ke-73 NKRI, Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno membacakan sambutan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Dalam sambutannya, Hj Sri Mulyani antara lain mengajak agar masyarakat Klaten agar tetap semangat dalam mencontoh para pendiri NKRI. Semangat berjuang mesti terus dilakukan dalam mengisi kemerdekaan.  Perjuangan menjadikan Klaten yang mandiri berdaya saing mesti terus dilakukan.

Kepala Desa Tegalmulyo Sutarno sehubungan dengan mengadakan upacara peringatan HUT  kemerdekaan Republik Indonesia secara mandiri yang ke-3 kali ini merasa bangga. Ia juga merasa senang karena warga Desa Tegalmulyo tetap kompak dalam kebersamaan. Semangat patriot dan nasionalisme masih tetap menjiwai warganya. Apalagi juga diekspose oleh media sehingga kondisi Desa Tegalmulyo diketahui oleh orang banyak. “Saya berharap Desa Tegalmulyo dapat menjadi desa wisata,”ungkap Sutarno.

Sutarno juga mengungkapkan, untuk memeriahkan HUT ke-73 NKRI, di Balai Joglo Tegalmulyo juga dipentaskan musik oleh kelompok musik yamg masih muda-muda. Selain musik modern juga dimainkan musik tradisional gantil yang dimainkan oleh Mahasiswa Unwidha Klaten. Sehingga di Desa Tegalmulyo seusai kegiatan upacara peringatan HUT ke-73 NKRI ada hiburan bagi warga Desa Tegalmulyo. (ksd).



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *