Upacara Detik-detik Proklamasi Di Alun-alun Klaten Khidmat

BERITA KLATEN – Upacara detik-detik proklamasi Negara Kesatuan Republik Indonesia di Alun-alun Klaten, Jawa Tengah yang diikuti kurang lebih 1.000-an orang berjalan khidmat, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) detik-detik proklamasi hari ulang tahun (HUT) ke-74 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Sedangkan yang bertugas sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Marsidi yang sekarang menjabat Komandan Rayon Militer  Ngawen. Saat pengibaran bendera merah putih yang dilakukan Paskibraka Klaten dapat berjalan lancar dan khidmat. Bertidak sebagai Komandan Paskibraka Kabupaten Klaten adalah Kapten CBA Maliana Heri Sugiarto. Selain pengibaran bendera merah putih yang lancar dan khidmat, saat detik-detik proklamasi dengan dibunyikan sirine selama sekitar 1 menit juga berjalan lancar. Irup upacara detik-detik proklamasi HUT ke-74 NKRI didampingi Forkompimda Klaten. Dalam kesempatan menjadi Irup Upacara Detik-detik Proklamasi Sri Mulyani juga membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan Sri Mulyani antara lain mengungkapkan Pancasila sebagai induk semang bagi Negara Republik Indonesia. Pada dasarnya bibit dasar masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Tengah adalah tepo sliro. Semangat paseduluran mesti terus dipupuk. Tidak pandang bulu dalam hidup bersama, tidak membeda-bedakan mengenai agama, suku, budaya, dan lainnya.

Peserta upacara detik-detik proklamasi HUT ke-74 NKRI di Alun-alun Klaten antara lain terdiri dari pleton satuan Kodim Klaten, Puslatpur,  Polres Klaten, Korpri Klaten, beberapa Ormas pemuda di Kabupaten Klaten, organisasi keradioan RAPI dan  ORARI, mahasiswa di perguruan tinggi Klaten, para siswa SMP, SMA, dan SMK, dan Pramuka.

Para tamu undangan yang  hadir duduk di kursi adalah para ibu-ibu isteri pejabat Pemkab Klaten, para kepala SMP, SMA, SMK, di Kabupaten Klaten, Korwil Pendidikan se Kabupaten Klaten, Kepala Puskesmas se Kabupaten Klaten, Veteran, dan tamu undangan lainnya.

Upacara detik-detik proklamasi HUT ke-74 NKRI di Alun-alun Klaten disaksikan warga masyarakat Klaten. Warga masyarakat Klaten yang menyaksikan upacara detik-detik proklamasi berdiri di pinggiran alun-alun Klaten. Mereka nampak bangga melihat Paskibraka yang menjalankan tugas mengibarkan bendera sang merah putih.

Terkait peringatan HUT ke-74 NKRI, pada sore hari tadi juga diadakan kegiatan aubade. Kegiatan aubade diikuti perwakilan dari SMP, SMA, dan SMK yang ada di Kabupaten Klaten. Dirgahayu Republik Indonesia. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *