Lomba Paduan Suara HUT PGRI Cabang Klateng Rebut Juara 1

BERITA KLATEN – Perlombaan paduan suara di Wisma PGRI Klaten, Jawa Tengah dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-73 di Kabupaten Klaten, regu dari Cabang Klaten Tengah (Klateng) berhasil merebut juara 1, Sabtu (17/11/2018) siang tadi.

Lagu yang dilombakan adalah lagu-lagu daerah atau lagu dolanan ialah cublak-cublak suweng, gundul-gundul pacul, dan lagu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Regu dari Cabang Klateng yang sudah mempersiapkan sekitar setengah bulan latihan penuh semangat. Hal itu diungkapkan oleh Ny Harnito yang juga aktif di kegiatan Pramuka. Menurutnya, dalam latihan untuk mempersiapkan ini tidak kenal capek. Bersyukur dapat merebut juara 1, dan menyisihkan sebanyak 23 regu.

Urutan kejuaraan lomba paduan suara dalam rangka memperingati HUT ke-73 PGRI Kabupaten Klaten adalah juara 1 regu Cabang Klaten Tengah nilai 1884, juara 2 regu Cabang Delanggu nilai 1873, juara 3 regu Cabang Karangdowo nilai 1871,  dan juara 4 atau harapan 1 jatuh pada regu Jatinom memperoleh nilai 1834.

Selain mendapatkan trophy,  para juara juga memperoleh uang pembinaan. Juara 1 memperoleh uang pembinaan sebesar Rp1.250.000,-  juara 2 mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,- juara 3 memperoleh uang pembinaan sebesar Rp750.000,-, dan juara 4 mendapat uang pembinaan sebesar Rp500.000,-.

Penilaian lomba paduan suara para juri dari Yogyakarta oleh banyak peserta lomba  sudah dilakukan secara obyektif. Sebanyak tiga orang personel  juri adalah Dra Y. Lilik Sudarwati, Anggun Febriadaruwati SSn, dan Supriyadi MgSn. Dalam evaluasinya pelaksanaan lomba paduan suara ini, Y.Lilik Sudarwati mengawali evaluasinya ia mengatakan secara jujur mengatakan kaget, luar biasa. Peserta yang berjumlah 24  kedepan ada kelanjutannya. Lebih lanjut Y Lilik Sudarwati antara lain mengungkapkan para peserta (regu) dalam vokalnya  belum diperhatikan. Dalam mengucapkan vokal agar ada resonansi. Bagi konduktor tidak perlu ikut menyanyi, dan tidak berdiri miring. Kemudian dalam menyanyi harus ada ekspresi yang menarik sesuai konteks lagu. Y Lilik berharap untuk kedepan evaluasi yang ia sampaikan berguna untuk waktu-waktu yang akan datang.

Setelah penyerahan trophy dan uang pembinaan oleh Mulyadi selaku Sekretaris PGRI Kabupaten Klaten, kemudian ia menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya Mulyadi antara lain mengucapkan terima kasih pada peserta lomba, panitia lomba paduan suara, dan para juri. Ia katakan juga pelaksanaan lomba berjalan lancar. Dewan juri sudah menilai secara obyektif. Panitia juga tidak mempengaruhi dewan juri. Dalam kesempatan itu Mulyadi juga menanyai para hadirin yang masih berada di Wisma PGRI apakah lomba paduan suara ke depan masih perlu ada lomba paduan suara? Dengan serentak hadirin mengatakan setuju diadakan lomba paduan suara. Mulyadi merespon tahun depan dalam memperingati HUT PGRI di Klaten akan diadakan lomba paduan suara. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *