Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Diikuti 700-an Personel

BERITA KLATEN-Untuk pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) Rabu (26/7/2017) pekan depan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, hari ini Selasa (18/7/2017) diadakan gelar pasukan di Alun-alun Klaten.  Dalam gelar pasukan pengamanan Pilkades diikuti sekitar 700-an personil.

Untuk mengamankan hajatan Pilkades sejumlah 48 desa dari 20 kecamatan melibatkan dari Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, RAPI, ORARI, Senkom, dan lainnya.  Bertindak sebagai pembina apel gelar pasukan pengamanan Pilkades adalah Plt Kabupaten Klaten Hj Sri Mulyani. Gelar pasukan pengamanan Pilkades  disaksikan Kepala Kejaksaan Negeri Klaten Zuhandi, Kapolres Klaten AKBP Muh Darwis, Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Bayu Jagad, para pejabat Pemkab Klaten, para camat di Kabupaten Klaten, dan tamu undangan lainnya.

Yang menarik pada gelar pasukan pengamanan Pilkades di Kabupaten Klaten kali ini adalah adanya pragakan pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS). Digambarkan pengamanan di TPS yang ada di Desa Sidokmuti, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Klaten. Dalam pragakan tersebut digambarkan seolah pada awal di TPS berjalan kondusif dan lancar. Namun pada waktu yang sudah ditentukan ditutup untuk pemungutan suara ada warga yang datang untuk mencoblos. Namun orang yang datang terlambat tidak diperbolehkan memilih. Karena tidak diperbolehkan menyoblos orang tersebut kemudian protes dan membikin keributan. Tindakan pengamanan langsung dilakukan oleh aparat keamanan Polisi, TNI, dan Linmas. Akhirnya keributan dapat ditangani oleh aparat keamanan.

Pragakan tersebut diperankan oleh warga Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan. Untuk menampilkan pragakan tersebut dilatih oleh Kapolsek Kota AKP Suyadi. Latihan dilakukan beberapa kali. Penampilan pragakan menampilkan pemungutan suara di TPS Desa Sidomukti, Kecamatan Sidomulyo mendapat aplaus positip dari para pejabat Pemkab Klaten yang menyaksikannya.

Terkait Pilkades yang akan dilaksanakan di 48 desa meliputi 20 kecamatan, antara lain Kecamatan Cawas ada 4 desa, Kecamatan Prambanan ada 2 desa, Kecamatan Wedi ada 1 desa, Manisrenggo ada 2 desa, Kecamatan Kebonarum ada 3 desa, Kecamatan Trucuk ada 3 desa, Kecamatan Jogonalan ada 5 desa, Kecamatan Karangnongko ada 3 desa, Kecamatan Ceper ada 4 desa, Kecamatan Pedan ada 2 desa, Kecamatan Karangdowo ada 2 desa, Kecamatan Juwiring ada 2 desa, Kecamatan Wonosari ada 3 desa, Kecamatan Polanharjo ada 2 desa, Kecamatan Karanganom ada 2 desa, Kecamatan Tulung ada 2 desa, Kecamatan Jatinom ada 2 desa, Kecamatan Kemalang ada 2 desa, Kecamatan Klaten Selatan ada 1 desa, dan Kecamatan Ngawen ada 1 desa. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *