Festival Ekowisata Kali Pertama Digelar DI Balerante

BERITA KLATEN-Momentun peringatan hari ulang tahun ke-73 kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia warga Desa Balerante, menyelenggarakan  festival Ekowisata di Kawasan Wisata Kalitalang, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (17/8/201).

Festival Ekowisata di Balerante  diikuti perwakilan warga dari masing-masing rukun tangga. Termasuk ketua rukun tangga dan ketua rukun warga. Di Desa Balerante ada 17 rukun tangga (RT), kemudian jumlah rukun warga (RW)  ada 8. Peserta prosesi  gelar festival ekowisata memakai pakaian yang beragam. Ada yang  berpakaian  tradisi Jawa, juga ada yang  memakai pakaian kemeja biasa, serta ada pakaian santri.

Salah seorang perangkat Desa Balerante Jaenu, pada Berita Klaten.com mengungkapkan Festival Ekowisata ini baru kali pertama digelar. Jaenu menegaskan dalam kirab akan diarak gunungan yang terdiri dari hasil bumi sebagai simbol kemakmuran dari Allah Tuhan yang memberi berkah pada warga Desa Balerante yang ada di lereng Gunung Merapi yang berbatasan dengan wilayah Cangkriingan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain gunungan,  lanjut Jaenu dalam gelar festival ekowisata ini bersamaan memperingati hari kemerdekaan. Karena itu ada rangkaian yang diarak berupa nasi golong sejumlah 45 yang melambangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merdeka tahun 1945. Tumpeng diberi 17 ingkung dari RT yang melambangkan tanggal 17. Sebanyak 8 RW melambangkan bulan Agustus sebagai tonggak kemerdekan

Selanjutnya kemudian ada 73 santri peserta prosesi kirab budaya dalam festival ekowisata melambangkan sekarang sedang memperingati kemerdekaan NKRI tahun ke-73. Dalam arakan kirab Festival Ekowisata juga melibatkan gadis-gadis Balerante dengan memegang bendera merah putih.

Dalam Festival Ekowisata juga ditampilkan rombongan jatilan dari Kebondalem lor yang mewujudkan jalinan paseduluran (persaudaraan) antara warga Desa Balerante dengan warga Desa Kebondalemlor. Karena bila terjadi pengungsian karena erupsi Gunung Merapi maka warga Desa Balerante akan mengungsi di Shelter Kebondalemlor. Maka jalinan persuadaraan antara warga Desa Kebondalemlor dengan warga Desa Balerante akan terus  dijalin.

Prosesi kirab Festival Ekowisata akan diawali dari rumah Jaenu menuju ke kawasan wisata Kalitalang. Prosesi kirab Festival Ekowisata diberangkatkan oleh Camat Kemalang  Kusdiyono dengan mengibarkan bendera. Kirab Festival Ekowisata jalan kaki diawali dari depan Masjid Balerante. Pada kesempatan kirab Festival Ekowisata banyak orang yang ingin melihat gelar Festival Ekowisata di Kalitalang. (ksd)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *