PDAM Tirta Merapi Klaten Sekarang Mempunyai 43.951 Sambungan Rumah

BERITA KLATEN – Sampai tahun 2019 ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sudah mencapai 43.951 sambungan rumah.

Demikian dikatakan Direktur Utama PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten Irawan Margono dalam sambutannya pada puncak peringatan  hari ulang tahun (HUT) ke-42 PDAM Kabupaten Klaten di komplek Taman Lampion Klaten, Rabu (18/9/2019) pagi. Lebih lanjut Irawan Margono mengungkapkan memperingati HUT ke-42 PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten mengambil tema “PDAM Siap Berperan Aktif Dalam Pembangunan Daerah & Pelestarian Lingkungan”.  Irawan menegaskan, PDAM Klaten mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat di Kabupaten Klaten. Air merupakan kebutuhan utama yang tepat kwalitas, kwantitas, dan kontinuitas.

Pada momentum memperingati HUT ke-42 PDAM Klaten Irawan Margono menuturkan ada beberapa kegiatan antara lain bakti sosial, bazar sembako, upacara / apel besar, dan lomba merangkai sambungan rumah.

Kegiatan bakti sosial antara lain droping air sebanyak 58 tangki.  Dari 58 tangki terdistribusi ke lima kecamatan. Rinciannya, di Kecamatan Kemalang dibantukan di Desa Sidorejo 6 tangki, Desa Kemalang 2 tangki, Desa Kaliwuluh 10 tangki, dan Desa Talun 2 tangki. Kecamatan Jatinom ada 10 tangki didroping ke Desa Bandungan. Kecamatan Cawas dikirim ke Desa Jambakan 8 tangki, dan ke Desa Barepan ada 4 tangki. Untuk Kecamatan Karangdowo 10 tangki untuk Desa Demangan, dan Desa Ringin Putih 4 tangki, kemudian Kecamatan Gantiwarno ada 2 tangki. Kegiatan bakti sosial lainnya ialah donor darah, anjangsana ke mantan direksi dan pegawai PDAM Klaten, kemudian ziarah ke makam mantan pegawai PDAM Klaten pada tanggal 8 September 2019 lalu. Pemberian bantuan pada 6 anak yatim, 8 orang penyandang difabel, dan 26 orang jompo. Penerima bantuan tersebut adalah pelanggan PDAM Tirta Merapi Klaten. Juga memberi bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) pada 5 warga masyarakat yang  membutuhkan.

Dikatakan juga oleh Irawan Margono hasil audit laporan keuangan tahun 2018 mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Dan hasil penilaian dari BPKP lanjut Irawan Margono, PDAM Tirta Merapi mendapat predikat baik dengan nilai 66,98.

Dari jumlah sambungan rumah sejumlah 43.951 sampai bulan Agustus 2019 ini, asetnya sebesar Rp 74.811.703.804 per 31 Desember 2018. Kemudian  pendapatan asli daerah (PAD) yang disetorkan ke kas daerah tahun 2019 sebesar Rp 2.912.881.000,-.

Hadir dalam puncak peringatan HUT ke-42 PDAM Klaten adalah Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Sekda Jaka Sawaldi, dan para pejabat Pemkab Klaten lainnya. Yang diundang camat se  Kabupaten Klaten, sebagian  para pelanggan PDAM, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya mengapresiasi pada prestasi yang dicapai PDAM Klaten. Ia mengucapkan terima kasih pada para pelanggan PDAM Klaten. Pendapatan dari pelanggan merupakan keuntungan yang untuk digunakan pembangunan Kabupaten Klaten. Bupati Sri Mulyani berharap PDAM terlibat aktif membangun Klaten.

Agenda puncak HUT ke-42 PDAM di Komplek Taman Lampion Klaten ada potong tumpeng yang dilakukan oleh Bupati Sri Mulyani kemudian diserahkan pada Irawan Margono, dan pada salah seorang pegawai wanita. Kesempatan itu juga ada undian hadiah utama berupa 3 unit sepeda motor, almari es, dan beberapa hadiah alat elektronik. Untuk meramaikan dihibur musik, serta seniman  Apri dan Mimin. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *