Gerak Jalan HGN Diikuti 4000-an Guru

BERITA KLATEN-Gerak jalan dalam rangka menyambut hari guru nasioal (HGN) tahun 2017 dan HUT PGRI diikuti 4000-an guru dari jenjang Paud hingga SMA/SMK di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (18/11/2017).

Gerak jalan yang dimulai dari Alun-alun Klaten diberangkatkan oleh Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dengan mengelebetkan bendera start. Hj Sri Mulyani didampingi Ketua PGRI Klaten Sunardi, juga Samiadji ikut mendampingi memberangkatkan peserta gerak jalan untuk menyambut hari guru nasional.  Nampak juga dalam pemberangkatan gerak jalan panitia peringatan HGN.

Gerak jalan dalam rangka menyambut HGN tahun 2017 ini dan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke- 72 PGRI route yang ditempuh dimulai dari Alun-alun Klaten, terus Jalan Pemuda ke selatan, sampai kantor BRI Cabang Klaten belok ke kiri arah Stasiun Klaten.  Sampai Stasiun belok kiri terus lewat Jalan Dewi Sartika menuju ke Alun-alun Klaten.

Sampai di Alun-alun Klaten, setelah peserta semua memasuki Alun-alun Klaten dimulai pengundian hadiah. Ketua panitia gerak jalan HGN dan HUT PGRI Purwono pada Berita Klaten mengatakan hadiah undian yang disediakan ada 70 macam. Menurutnya hadiah utama berupa 1 kulkas, 1 mesin cuci, dan 2 unit sepeda gunung. Hadiah lainnya berupa gas LPG dan barang-barang elektronik lainnya. Selama pengundian hadiah juga diselingi lagu-lagu. Dalam kesempatan menyanyikan lagu para guru bersuka ria dengan menari sesuai dengan irama lagu.

Tema hari guru nasional tahun ini adalah Membangkitkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja untuk penguatan pendidikan karakter. Dari tema tersebut muncul ungkapan “Guru yang mulia tetaplah menjadi pelita anak bangsa”. Tentunya guru diharapkan jadi panutan dan menjadi contoh bagi warga masyarakat.  Dalam pepatah Jawa Guru iku digugu lan ditiru. Makna ini apa yang dikatakan guru mesti dianut/dipatuhi dan diteladani.

Peran guru sangat berarti dalam mempersiapkan generasi muda. Maka untuk perhatian pada jasa guru tiap tahun selalu diperingati yang jatuh pada 25 November. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *