Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Candi 2017 Diikuti 15-an Satuan

BERITA KLATEN-Apel gelar pasukan operasi Ramadniya Candi tahun 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Garuda Mandala, Kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Klaten, Jateng, diikuti 15-an satuan, Senin (19/6/2017) tadi pagi. Bertindak sebagai Komandan Apel Gelar Pasukan Operasi tersebut Wakapolres Klaten Kompol Hari.

Dari 15-an  satuan peserta apel tersebut adalah pleton perwira, satuan Brimob, satuan Dalmas, satuan TNI, satuan lalu lintas, satuan Babinkamtibmas, satuan Intel dan Reskrim, satuan Polwan, satuan Dishub, satuan Satpol Pamong Projo, pemadam kebakaran, RAPI, ORARI, Senkom, Banser, Kokam, dan Pramuka Saka Bhayangkara. Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut antara Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Bayu Jagad, para pejabat Pemkab Klaten, dan tamu undangan lainnya.

Sambutan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian yang dibacakan Kompol Hari antara lain menyampaikan apel gelar pasukan ini untuk melihat kesiapan personil dan sarana prasarana untuk pengamanan lebaran. Adanya apel gelar pasukan yang melibatkan komponen masyarakat untuk meningkatkan sinergitas. Perayaan lebaran ini diharapkan masyarakat dapat merasa aman, dan nyaman, serta kebersamaan dalam masyarakat.  Kapolri juga mengungkapkan pengamanan lebaran ada 3 hal ialah menjaga stabilitas harga pangan, menjaga keamanan dan kenyamanan, arus mudik dan arus balik yang lancar. Menurut Kapolri, untuk menjaga stabilitas harga pangan, pemerintah sudah membentuk satgas pangan untuk memantau harga pangan tetap stabil. Kemudian untuk menjaga keamannan kejahatan yang konvensional seperti curas, curat, curamor, hipnotis, dan kejahatan lainnya. Untuk itu Kapolri memerintahkan pada personil agar melakukan sambang patroli untuk memantau titik-titik rawan seperti terminal, pelabuhan. rumah kosong, bank, juga ATM.

Wakapolres Klaten Kompol Hari yang didampingi Kabag Ops AKP R Pamungkas mengungkapkan Polres Klaten membentuk Satgas Garuda, ialah Garuda Hitam, Garuda Merah, dan Garuda Hitam. Kemudian Pos Pengamanan (Pospam) yang didirikan ada 7, lokasinya antara lain di Karang-Delanggu, Jonggrangan, di depan RSPD Klaten, Terminal Klaten, Tegalyoso, Kraguman, dan Prambanan.

Apel gelar pasukan operasi Ramadniya Candi 2017 di lapangan komplek TWC Prambanan adalah yang kali ke-2. Pelaksanaan gelar pasukan di Komplek TWC Prambanan dirasakan menyenangkan oleh banyak personil peserta apel gelar pasukan operasi Ramadniya. Para peserta apel gelar pasukan merasa senang karena suasana komplek TWC Prambanan yang indah dan udaranya yang segar. Keindahan di TWC Prambanan karena pemandangan Candi Prambanan yang melatar belakangi tempat dilaksanakan gelar pasukan operasi Ramadniya Candi tahun 2017.

Semboyan gelar pasukan pengamanan lebaran kali adalah “Kita Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1438 H. Selesai apel gelar pasukan operasi tersebut Hj Sri Mulyani beserta pejabat Muspida menyempatkan melihat sarana kendaraan yang digunakan untuk operasi pengamanan lebaran. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *