Gladian Pimpinan Regu Untuk Melatih Generasi Muda

BERITA KLATEN – Gerakan Pramuka Penggalang Wilayah eks Kawedanan Gondang, Kabupaten Klaten, Jateng mengadakan gladian pimpinan regu (Dianpiru) di Komplek PG Gondangbaru, Selasa (19/12/2017). Dianpinru merupakan latihan untuk melatih generasi muda.

Ketua panitia penyelenggara Dianpinru Samiyadi mengungkapkan Dianpiru diikuti sejumlah 60 peserta. Peserta yang mengikuti Dianpinru siswa kelas 4 dan kelas 5 sekolah dasar. Di Wilayah eks Kawedanan Gondang ada 6 Kwartir Ranting. Antara lain Kwartir Ranting (Kwaran) Gantiwarno, Jogonalan, Prambanan, Manisrenggo, Karangnongko, dan Kemalang. Masing-masing Kwaran mengirim peserta Dianpinru 5 siswa putra dan 5 siswa putri. Dianpiru yang diselenggarakan selama 1 hari ini akan melatih adik-adik usia penggalang agar nantinya menjadi penerus yang siap menjadi pemimpin Negara Indonesia. Gerakan Pramuka, lanjut Samiyadi, menjadi media untuk melatih atau mendidik generasi muda yang pas untuk mempersiapkan pemimpin bangsa. Karena kegiatan gerakan Pramuka melatih generasi muda untuk bersikap jujur, tanggung jawab, disiplin, tepo seliro, nasionalisme, dan bisa mandiri.

Materi Dianpinru para peserta akan dilatih mengenai teknik kepramukaan (tekpram) antara lain penggunaan semaphore, penggunaan kompas, hurup morse, baris berbaris, dan lainnya. Pemberi materi Dianpinru dari tim kerja Kwartir Cabang Klaten.

Dalam upacara pembukaan Dianpinru dihadiri semua Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan seluruh kecamatan yang ada  di eks Kawedanan Gondang, perwakilan Muspika Jogonalan, para kepala sekolah yang mengirimkan peserta Dianpinru. Bertindak sebagai pembina upacara adalah salah seorang anggota Koramil Jogonalan.

Samiyadi dalam pelaksanaan Dianpiru berharap dapat berjalan lancar. Setelah Dianpiru siswa dapat mengembangkan di sekolahnya masing-masing. Selain itu Dianpinru untuk mempersiapkan jambore daerah Klaten tahun depan.

Dalam kegiatan Dianpiru di Kompleks PG Gondangwinangun sudah dipersiapkan sejak hari Senin (18/12/2017) kemarin. Selain itu tim pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK) juga sudah dipersiapkan, ialah  petugas dari Puskesmas Jogonalan. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *