Suasana Musrenbangdes di Desa Gondangan dihadiri banyak warga. (p.kus)

Musrenbangdes Gondangan & Desa Rejoso Dinamis

JOGONALAN (BK). Musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrengbandes)  di Desa Gondangan dan Desa Rejoso, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jateng,   yang diselenggarakan di masing-masing bale desa, Rabu (20/1) berjalan dinamis. Peserta Musrengbandes  tingkat kehadirannya mencapai lebih dari 90%.

Desa Gondangan yang diundang mengikuti Musrenbangdes menurut Kepala Desa Gondangan Yudi Hartaya  sekitar 70 orang,  yang hadir ada 66 orang. Kemudian Desa Rejoso, Kepala Desa Rejoso Sumardi  mengatakan   yang  diundang juga saekitar 70 orang yang hadir 68 orang.  Dari  angka presensi ini tingkat angka kehadirannya mencapai lebih dari  90%.

Lebih lanjut  Yudi Hartaya  mengungkapkan, untuk  Desa Gondangan sebelum diadakan Musrenbangdes  hari ini (Rabu 20/1)  telah diadakan  pra Musrenbangdes  di tingkat rukun warga (RW). Ketika  pra Musrenbangdes  situasinya  dinamis. Banyak warga yang mengusulkan untuk pembangunan phisik, antara lain perbaikan jalan maupun untuk talut  irigasi. Bahkan  ada ibu-ibu yang mengusulkan  untuk membuat pakaian seragam, dan usul lainnya.

Yudi Hartaya menjelaskan di Desa Gondangan jumlah RW ada 15,  dan  RT ada 28.  Dalam  Musrenbangdes  Gondangan  dihadiri    Ketua  BPD  Gondangan  Tri Mulyanto, penguru LPMD, pengurus TPPKK, BKM dan lainnya.

Kepala Desa (Kades)  Rejoso  Sumardi, ia mengatakan pelaksanaan Musrenbangdes berjalan lancar. Namun  dalam pembahasan program cukup dinamis. Usulan-usulan yang disampaikan oleh salah seorang peserta  cukup  hidup.  Usulan-usulan yang disampaikan oleh peserta ditanggapi oleh Sekrertaris Desa Rejoso  Sukamti.

Menjawab pertanyaan Berita Klaten tentang pembangunan phisik, Sumardi mengatakan untuk  APBdes tahun 2016 pembangunan phisik yang akan dilakukan adalah menyempurnakan /finishing  TK  dan PAUD Pertiwi sebanyak 3 lokal.   Dalam pembahasan perencanaan  untuk peningkatan pendidikan, salah seorang peserta Musrenbangdes  mengusulkan bantuan operasional  untuk TK Aisyiah. Usulan bantuan  untuk operasional TK  Aisyiah disetujui oleh peserta Musrenbangdes.  Dana  yang diberikan untuk bantuan operasional  pada TK Aisyiah besarnya nominal  separo dari TK Pertiwi Rejoso, ialah sebesar Rp 100 ribu.

Dalam Musrenbangsdes di Desa Gondangan dan Desa Rejoso didampingi oleh tim dari Kecamatan Jogonalan.  Mereka adalah  Kasi Tata Pemerintahan (Tapem)  Kecamatan Jogonalan  Regina  Andriana, Kasi PMD  Kecamatan  Jogonalan  Eisty Hartanto, dan staf PMD Yuli Hartanti. Juga ikut menghadiri  Musrenbangdes ini adalah 2 orang  fasilitator kelurahan (faskel)   yang bertugas  di  Kecamatan  Jogonalan. (ksd)

Suasana Musrenbangdes di Desa Rejoso yang hadir lumayan juga banyak.
Suasana Musrenbangdes di Desa Rejoso yang hadir lumayan juga banyak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *