Sebanyak 133 Calon Kades Lakukan Deklarasi Damai

BERITA KLATEN-Para calon kades dari 48 desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang akan melaksanakan pilkades secara serentak melakukan deklarasi damai di Pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten, Kamis (20/7/2017).

Deklarasi damai disaksikan oleh Muspida Klaten, Kepala Kejaksaan Negeri Klaten, Kepala Pengadilan Negeri, Asisten Bupati Klaten Sri Winoto, dan para tamu undangan lainnya.

Kepala Kantor Dinas Bapermasdes Jaka Purwanto, dalam sambutannya antara lain mengungkapkan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Klaten ada 48 desa dari sebanyak 20 kecamatan. Untuk calon kades jumlahnya ada 133 orang. Untuk anggaran pelaksanaan pelaksanaan pilkades dibeayai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), dari APBDes, dan bantuan dari pihak ke-3. Dalam sambutannya Jaka Purwanto berharap pada semua pihak dapat menciptakan ketenangan. “Kita wujudkan agar pelaksanaan pilkades sukses tanpa ekses”, ujar Jaka Purwanto.

Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain mengungkapkan para calon kades agar menjaga kondusif di masing-masing desa. Dari saat ini masih 1 pekan pelaksanaan pilkades. Maka para calon kades agar menjaga ketenangan. Kesempatan deklarasi damai ini digunakan untuk silahturami bagi para calon kades.  Sri Mulyani menegaskan agar dalam pilkades ini bagi yang menang tidak umuk dan yang kalah tidak ngamuk.

Dalam deklarasi damai, Kapolres Klaten AKBP Muh Darwis menyampaikan pengarahan pada calon kades agar menepati janji atau deklarasi damai yang telah disepakati.  Masa kampanye ini agar para calon kades menciptakan suasana yang kondusif. Calon kades boleh melakukan open haouse (buka pintu) untuk silahturami dengan warga yang akan mencoblos. Namun dalam buka pintu perlu menjaga etika dalam sosial kemasyarakatan. Buka pintu tidak perlu sampai dini hari. Kemudian ketentuan pelaksanaan pemungutan suara agar dipatuhi pukul mulai pemungutan suara dan penutupan pemungutan suara. Termasuk juga waktu penghitungan surat suara. Karena waktu penghitungan suara sangat rawan, maka perlu dijaga keamanannya.

Hari ini para calon kepala desa sudah memasuki masa kampanye selama 3 hari. Dalam kampanye para calon kades tidak boleh melakukan konvoi berputar-putar di kampung. Kampanye hanya dilakukan secara tertutup di dusun.

Deklarasi damai di tingkat Kabupaten Klaten untuk perwakilan ada 5 orang ialah Muh Marsum dari Desa Karangduren Kecamatan Kebonarum, Kosmas Widodo dari Desa Karanglo Kecamatan Klaten Selatan, Mulyono dari Desa Kedungan Kecamatan Pedan, Bambang Suryanto dari Desa Bakung Kecamatan Jogonalan, dan Nin Andayani dari Desa Brajan Kecamatan Prambanan. Selesai mengucapkan janji atau deklarasi damai pilkades para perwakilan menandatangani naskah deklarasi damai. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *