Edy Hartanto Kepala Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Klaten. (p.kus)

Nasib 273 Guru WB K2 Belum Jelas

KLATEN (BK). Hasil audensi perwakilan guru wiyata bhakti   kategori 2 (K2) dengan pejabat Kantor  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah,  di ruang rapat  kantor BKD, Kamis (21/1) menginformasikan nasib 273 guru WB belum jelas. Karena itu bila pada akhirnya  tidak berhasil guru WB K2  ini akan mem PTUN-kan Pemkab Klaten.

Hal itu disampaikan Bayu Nurcahyanto sebagai koordinator 273 guru wiyata bhakti (WB) K2  setelah melakukan pertemuan dengan Kepala Kantor BKD  Kabupaten Klaten  Edy Hartanta.  Menurut Bayu Nurcahyanto, kedatangan Bayu bersama beberapa orang guru WB K2 sebagai perwakilan para guru WB K2 juga  diterima oleh Sekretaris BKD  Klaten  Sutopo, dan Kabid SDM Slamet.  Bayu Nurcahyanto  pada wartawan menuturkan kehadirannya di Kantor BKD dengan beberapa orang guru WB K2 adalah  untuk menanyakan nasib guru WB K2 yang  jumlahnya ada 273 orang.  Ia mengungkapkan karena  sebanyak 273 guru WB K2 ini dulu juga  ikut ujian bersama para guru WB K2 sekarang   sudah menerima  SK PNS.  Baik  pemberkasan maupun ujian kompetensi dasar dan bidang juga diikuti dan dinyatakan lolos. Karena sampai  sekarang belum ada penyelesaian, sehingga  disinyalir ada penumpang gelap  yang nimbrung  untuk mencari keuntungan.

Menurut Bayu dulunya  jumlah guru WB K2 ada 296 orang. Tetapi sekarang tinggal 273 orang, karena sudah ada yang meninggal dunia, mengundurkan diri, ada yang dapat perkerjaan lain  seperti perangkat desa, maupun kerja di pabrik.  Bayu dan para guru WB K2 lainnya  menginginkan    permasalahan  273 guru WB K2 ini diselesaikan secara terbuka.  Untuk itu mereka menginginkan  setiap pertemuan melibatkan LSM, media, dan polisi. Karena permasalahan guru WB K2   waktu dulu  pernah diperiksa oleh polisi.

Bayu juga  mengatakan para guru WB K2  dari sisi  administrasi  memang lengkap karena pengadministrasian yang kurang baik.  Namun yang mesti   menjadi pertimbangan para guru WB K2 selama ini melakukannya penuh  pengabdian.  Harapannya BKN secara  bijaksana  melihat pengabdian para guru WB K2 selama ini.  Diakui Bayu dengan sudah diangkatnya guru WB K2  sebanyak 764 orang itu membuat iri bagi guru WB K2   sebanyak 273  orang yang belum menerima SK PNS.  Mengenai  para guru WB K2 yang   akan mem-PTUN-kan  Pemkab Klaten, menurut Bayu Nurcahyanto, Sekretaris BKD Klaten Sutopo akan berusaha  terlebih  dahulu.

Kepala BKD Kabupaten  Klaten Edy Hartanto, ketika dikonfirmasi  di ruang kerja Sekretaris BKD Sutopo, sehabis menerima  rombongan perwakilan guru WB K2  yang belum jelas nasibnya ia mengatakan tidak akan memberi komentar. Ia menyarankan agar  minta komentar pada Pejabat Bupati Klaten Joko Salwadi. Namun para wartawan tidak melakukannya. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *