FKP Klaten Ke-8 Dibuka Plt Bupati Klaten Sri Mulyani

BERITA KLATEN-Festival Ketoprak Pelajar (FKP) Klaten ke-8 di Auditorium Sekolah Dasar Kristen 3 Klaten secara resmi dibuka oleh Plt Bupati Klaten Sri Mulyani, Kamis (21/9/2017). Peserta FKP adalah SMA dan SMK di Klaten, Jawa Tengah jumlahnya 24 sekolah.

Sebelum dibuka oleh Plt Bupati Klaten Sri Mulyani, sudah dipentaskan oleh peserta FKP nomor undian 1,  ialah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Karangnongko.  Setelah break atau istirahat sekitar 45 menit kemudian hadir rombongan Plt Bupati Klaten Sri Mulyani langsung menuju  Auditorium Sekolah Dasar (SD) Kristen 3 Klaten.

Setelah sekretaris panitia penyelenggara FKP ke-8 Kristian Apriyanta menyampaikan laporannya, kemudian diteruskan sambutan oleh Plt Bupati Klaten Sri Mulyani. Dalam sambutannya Sri Mulyani antara lain mengungkapkan di jaman yang modern ini, jamannya alat komunukasi yang canggih tetapi kaum muda, para pelajar masih mencintai budaya jawa berupa seni ketoprak. Sri Mulyani menyatakan mengacungi jempol pada pelajar yang tetap komitmen untuk melestarikan seni ketoprak. Apalagi bersemangat menjadikan Klaten sebagai kota ketoprak. “Saya merasa bangga pada pelajar di Klaten yang berkomitmen untuk  melestarikan seni ketoprak di Kabupaten Klaten. Seni ketoprak saya menyarankan agar terus dilestarikan. Seni ketoprak juga dapat untuk pendidikan kharakter bagi kaum muda, dan pelajar,”tutur Sri Mulyani.

Selesai menyampaikan sambutan, Sri Mulyani kemudian menerima piala bergilir dari Bupati Klaten dari SMK Petrus Kanisius. Tahun lalu SMK Petrus Kanisius sebagai juara pertama FKP. Kemudian oleh Plt Bupati Klaten Sri Mulyani, piala bergilir diserahkan pada panitia FKP tahun 2017. Selesai penyerahan piala bergilir, selanjutnya Sri Mulyani membuka resmi FKP Klaten ke-8 tahun 2017 dengan memukul kentongan pembuka pementasan ketoprak. Kehadiran Plt Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Pantoro, Staf Ahli Bupati Mursid, Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono, Kepala Disparpora Klaten Joko Wiyono, dan Edy Sulistyanto.

Selesai pembukaan diteruskan pementasan nomer undian ke-2 adalah dari SMK Kristen 2 Klaten dengan lakon Alap-alapan Retno Jumilah. Kemudian diteruskan peserta undian ke-3 adalah SMA Negeri 1 Prambanan dengan lakon Amukti Palapa. Selanjutnya undian ke-4 adalah SMK Negeri 2 Klaten mementaskan lakon Sri Uning. Selanjutnya diteruskan pentas dari SMA Negeri 1 Klaten dengan lakon Ronggo Lawe, SMK Negeri 1 Jogonalan dengan lakon Hario Penangsang, selanjutnya SMA Negeri 3 Klaten dengan Kodrat, dan selanjutnya pentas SMK Negeri 1 Tulung lakon Pedhut Jatisrana. Ini merupakan pementasan untuk hari pertama. FKP Klaten ke-8 akan berlangsung sampai dengan hari Minggu (24/9/2017).

Pementasan ketoprak pelajar cukup menarik. Para pemain cukup dapat menghayati perannya. FKP ini menurut para pegiat seni di Klaten dapat menjadi ajang untuk mencari bibit pemain seni ketoprak.

FKP banyak yang melihat, para keluarga  pemain maupun sporter dari masing-masing sekolah ikut menyaksikan pementasan FKP. Ketoprak menurut salah seorang penonton Kadi, merupakan tontonan yang mengasyikan. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *