Sidk Pramana ketika menyampaikan paparan sosialisasi BOS di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten. (p.kus)

Pengelolaan BOS Perlu Ditingkatkan

KLATEN (BK). Pengerjaan laporan pertanggungjawaban  dana bantuan operasional sekolah (BOS) oleh kepala sekolah masih banyak yang perlu ditingkatkan. Karena itu   diselenggarakan sosialisasi BOS bagi pengelola untuk SD, SDLB, dan SMPLB di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten sepekan ini, yang berakhir Selasa (22/3) sore.

Kelompok terakhir  sosialisasi BOS diikuti oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas  (UPTD) Pendidikan, dan   Kasubag TU UPTD Pendidikan  se Kabupaten Klaten. Para peserta sosialisasi  BOS  nampak seksama memperhatikan penjelasan tentang BOS yang disampaikan oleh staf bagian Perencanaan Dinas  Pendidikan Kabupaten Klaten Sidik Pramana dan Suparman.

Dalam pengantar sosialisasi BOS  Suparman antara lain mengungkapkan   dalam catatan aset Dinas Pendidikan Kabupaten  tahun 2015  belum tuntas. Maka diadakan sosialisasi BOS ini tujuannya agar  pencatatan aset Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten tahun 2016 dan seterusnya agar lebih baik. Disampaikan juga oleh Suparman berdasarkan dari monitoring dan evaluasi (monev) bahwa kepala sekolah belum memahami atau memedomani mengenai petunjuk  teknis (Juknis) dalam mengelola dana BOS.  Dengan adanya  sosialisasi BOS ini agar UPTD menyampaikan pada para kepala sekolah dasar (SD) di wilayahnya.  “Karena mulai tanggal 4 April 2016 akan dilakukan monev,”tutur Suparman.

Sedangkan Sidik Pramana dalam paparannya mengatakan adanya BOS adalah untuk berdampak meningkatkan mutu bagi sekolah.  Laporan  mengenai penggunaan BOS agar ada progres lebih maju. Kegiatan-kegiatan  yang dilakukan oleh SD agar ada bukti pendukung.  Diungkapkan juga kelemahan dalam pengelolaan adalah mengenai administrasi dan pengarsipan. Pengadministrasian dan pengarsipan yang baik akan membantu mudah untuk membuat  laporan pertanggungan jawab.  Sidik  berharap kepala sekolah dasar agar cermat memahami juknis pengelolaan BOS. (ksd)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *